Friday, August 19, 2005

Jumatan en Weton

Hah? Ada apa ini? kok tiba-tiba ngobrolin jumatan.
Pengumuman, saudara-saudara. Hari ini Nikki Jumatan. Ehm, betul. Begituw mulai azan, daku bersihin dia (gak mandi. Hehehe...). Trus pake diapers, celana panjang, en baju lengan panjang putih. Yup, ini pertama kalinya Nikki jumatan loh. Gimana gak hepi???

Weleh...cakep bener anak Mama (eits...kok gak ada potonya? Kamera gak di rumah! hiiks...). Akhirnya dianterlah Nikki ama mbaknya ke masjid. Dakuw? Lagi berhalangan nih! :(

Kata mbaknya siih, Nikki anteng loh. Cuman, pas mulai sholat malah mewek bin nangis. Walah... iya gak tau ni anak. Klow biasa ama kita sholat, pas mulai masuk rokaat terakhir mesti mewek. Kali mikirnya, kok dakuw didiemin ajah ya...

Trus, gak tau kenapa ni anak akhir-akhir ini bikin aku bertaring 9 en bertanduk 8 (hiperbolis banget gak seeh?). Pokoknya ngeyel bangets. Perkabelan en sakelar udah membahayakan. Maunya buwat maenan. Kalau diteriakin, "Nikki, jangan begitu Nak. Jangan di situ." Pasti nih anak malah nekat.

But, coba waktu dia mo nyabut kabel dibilangin: "Liatin deh, di situ gak ada apa-apa kan? gak ada yg menarik kan?" Sambil kita diemin ajah (tentunya tetep ngawasin).

Abis ituw ni anak pasti ngacir deh. Trus lagi... suka mainan galon air mineral. Trus, mencet2 ituw air minum hingga banjir.com! Trus... nabrakin sepedanya ke pintu en jendela. Trus.. nurunin baju2 yg udah terlipat di lemari. Tempayan tempat teratai diubek-ubek.

Apalagi yak?? Mobil-mobilan, udah mulai "direparasi" ama Nikki. Rodanya ke mana, body-nya ke mana. Hari ini waktu aku udah mulai mencapai puncak, tiba-tiba..trrrrriiiiing!!! Aku bilang ke Tari, coba mbak tulunk diliat besok Selasa depan apa seeh? Jawabnya: Selasa Pahing.

Walaaah! Pantesan ajah. Ni anak bikin dakuw bertanduk tiap hari. Wetonnya gituw loh. Apa ituw weton? Hari lahir menurut versi kalender Jawa. Apa kaitannya en bukannya ituw cuman takhayul?

Gak tau deh. Pokoknya dari duluw, jaman aku kecil, selalu cocok deh. Klow mo weton pasti ada yg aneh! Makanya, klow di tempatku ada among2. Apa itu? Pas wetonnya, ada selametan kecil. Nasi urap plus bubur merah. Dibagi buwat tetangga. Di Jakarta? gak pernah.... hehehehe.

23 comments:

Anonymous said...

aduh kebayang lucunya niki yang ikut jumatan. sayang gak ada fotonya...dipakein baju koko gak...:) ini mah niat ya...

nikki...wah...dah buat kelimpuang mama nih..gak ada hubunganya ama weton itu mah...umurnya aja pengen eksplor ya nik..belain nikki nih...abis ibrahim juga gak jauh beda...;)

-ari-

familjen dettmer said...

duh seneng ya nikki ikutan jumatan :)

*ngintip mbak ari* bener ret jangan2 emang lagi umurnya nikki gi seneng eksplor :) sdah ga boleh betanduk lagi yach *hugs*

retma-haripahargio said...

Oooh.. emang umur sgitu lg aktip2nya? Yo wis... sekarang siap2 tanduk cadangan (ups... apa lagi iniy??!!)hihihi

anna said...

bertanduk ya.... he he he.. biasa itu .. justru kalo terlalu manis malah bikin deg deg-an. Nikmati aja... besok pagi bangun tiba tiba tu anak dah mo ngelamar anak gadis orang lho.... nikmati deh selagi bandel.

retma-haripahargio said...

Hah? Mo melamar anak gadis orang? kapan ituw yak?! kekekek... jauh bener nih ah.

Anonymous said...

Wahh..Niki samaan ma Akbar dia juga Jumatan perdana sama Abahnya kemaren hehe..waktu kotbah ngga rewel cuma waktu ditinggal sholat nangis sebentar hehe..belajar deh..biar terbiasa ya..kalo ngga dari sekarang kapan lg nunggu dah gede..waduh telat nanti ya...

- Widi -

Tina said...

Wah.. jumatan perdana nih.. Ntar ceritain ya kisah lanjutannya...
(Jadi penasaran .. he..he..)

Nikki, mau dong ikannya..., salam dari mbak Chacha

Lia said...

Wah tanduuuukkkk??? Mam itu gak ada hubungannya dengan weton, emang lagi masa2 seru...ayo siapkan energi cadangan untuk lebih sabar jangan tanduk cadangan hehe...

Jumat depan difoto ya yang mo jumatan.

astri said...

wekekeke... masa ada sih hubungannya ma weton? ada-ada aja deh dikaw... :D

lah itu ponakan2 gw yang cowo-cowo tiap hari tuh berulah... :D

Mamanya Audrey said...

He...he.. itu bukan karena weton itu mah, itu namanya "trouble two"... Audrey udah ngelewatin itu semua, sekarang sih udah lebih kalem, tapi "mulutnya" yang lagi bekerja... enggak bisa diam, malah udah bisa ngajak berdebat.
Jadi sabar aja ya jeng, palingan tagihan aqua bertambah, malah aku sempat tagihan air melonjak karena dia maunya mandi sambil maen air berjam-jam.....

yanti said...

ngomong2 soal weton, gue juga abis ngeliat2 di http://primbon.com/weton.html

sayangnya.. walaupun orang jawa... gue nggak percaya :D:D

TomInta family said...

Kata Irsyad; Tante Retma,.. itu bukan pengaruh weton tante,. Nikki kan lagi segala pengen tau, lagi mengasah kreatifitas. Bahaya? wah kami belum kenal bahaya tante :D kalo kata Ummi mah No fear......;) Irsyad wetonnya bukan selasa pahing tante, tapi kelakuannya sama persis kayak Nikki. Waktu Irsyad seumur Nikki, Ummi juga tandukan... sekarang?? Ummi tandukan ditambah ngebul tuh kepalanya hehehehe.

Elyn Sigit said...

Eh ada hubungan antara weton sama kelakuan anak ya? tafta ngga tau nih wetonnya apa, cara nyarinya gimana yah? :) happy monday yah....

Lili said...

Pintar sekali deh anak bunda Retma.
Fawwaz mah masih gak bisa diem kalau di ajak ke Masjid. Jadi belum bisa di ajak Jumatan, kalau Abinya ngajak hanya pada waktu sholat Fardu saja.
Karena yg sholat berjamaah tidak terlalu banyak, jadi Fawwaz tidak terlalu menggangu.
Jangan lagi nangis yah nak.

Rahmi Sukma said...

Alhamdulillah... Nikki dah bisa jumatan. Moga2 jadi anak sholah ya Nik. Pi Bundanya jangan pake taring dan tanduk dooooong....

Rainier & Mom said...

wah nikki ikut jumatan..tapi koq nangis, grogi yah..

nikki berulah.. walah rai juga ga bisa diem, kalu dimarahin nangisnya bikin hati pedih, tapi kalu dibiarin, bikin jantungan ajah..

shendy

Eva said...

masih kecil dah bs ikut jumatan yaa..hihih lucu pasti liat niki pake kopiah ama sarung..hehehe

hehehe..weton yak? mungkin emang siniki lg aktif aja kali..apa udah ada bakat jd tukang ngoprek2? engineer or mekanik mungkin? suka bongkar pasang..hohoho

ei said...

weleh, ga ada fotonya nikki jumatan yah... pasti lucu...
pssst, ternyata rencana wiken waktu ituw mo bikin sayur asem ma temen2nya gagal buw...:))

Tuteh said...

Igh Nikki ikutan sholat Jumad hehehe.. jadi gemez euy.. pengen liad diah makek baju koko.. soalna t suka ngerias ponakan cowok pake jilbab :D *eh? ada hubungannya gitu? :P* hehehe.. pokoke salam cubit pipi buat Nikki ^^'

rosy said...

kebayang deh cakepnya Nikki klo' pake baju koko...

klo' aku gak percaya ama weton2 gitu, emang sih ada yg bilang klo' 90% wetonnya itu sesuai ama sifat org, tergantung orgnya ya mbak mo percaya apa kaga'...

umur2 se Nikki itu mang waktunya berexplorer mbak so mbak gak usah kwatir cos rafi dulu juga pas seumuran Nikki juga aktif bgt, pokoknya bikin bibir ndower sangking seringnya ngejalasin kedia jng gini..jng gitu..apa ini..apa itu..., malah klo' anaknya gak aktif gitu perlu dicurigai. pokoknya klo' punya anak bebi hrs bnyk2 istigfar, sabar..sabar..*sambil ngelus dada*..., ntar klo' anaknya dah tau mana yg baek dan buruk, tanduknya dah berkurang kok mbak...:D

Ossy said...

Hahaha... si Nikki lagih seneng obrak abrik rumah ya Mom. Biasalah umur2 segituuu. Sama kek Aika. Kl aku selama ngga membahayakan nyawanya aku biarkan bebas mengexplorasi sekelilingnya. Tp kl udah urusan numpah2ain minuman gitu, aku gak marahin sih tp aku kasih lap. Jd sejak itu kl mulai bikin banjir sana sini aku cukup bilang "hayooo...." trs dia lari cari lap kekeke. Emang sih gak bersih tetep ajah aku turun tangan tp yg penting buat aku usahanya... hehehe. Wah malah ngoceh aku...

Nasha said...

Wah, ikutan jumatan ya Nikki..?
Minggu lalu jugaNasha ikutan jumatan pertama kali sama Mama.. Pas kutbah sih, masih diem.. maen-maen... Pas sholatnya itu, nasha muali nangis... Akhirnya Mama sholat jumatnya sambil gendong nasha...

Nia said...

wah, Nikki pinter yah dah ikut jum'atan :thumb:

Waduh, umuran Nikki emang lagi aktif2 nya yah, apalagi anak cowoq kebayang double hehehe .... di sini yg ceweq2 aja :doooh: