Monday, August 08, 2005

Ultah Nikki en Kenekatan Mama

Ehm, udah tau kan klow tanggal 3 Agustus kemarin Nikki ultah? (hehehe.... berasa selebritis dunk ah). Karena satu dan lain hal (weks! basanya kayak pejabat banget), acara diundur tanggal 6. Makanya baru bisa posting nih, sodara-sodara!!! :D

Ultahnya Nikki, penuh kenekatan dari dirikuw. Kok bisa? iya, soalnya dakuw bertekad membuat sendiri makanan en kue ultahnya. Bagus dunk! Bagus apanya, lah wong modalnya cuman nekat! Kok bisa? Soalna dakuw gak pernah ikutan kursus, gak punya buku panduan step by step. Smuwa hasil "ngintip" di milis en browsing! Hoa... gak kebayang deg klow gak ada yang namanya I N T E R N E T!! **kiss** Maklum sodara-sodara, emak-emak. Anaknya baru satu, ultah pertama, pasti pengennya semuanya ndiri deh. Liat ajah taun2 berikutnya nanti! okeh??? kekekek.....

Jumat pagi, aku en my mom udah ngibrit ke pasar Kramatjati, beli smuwa keperluan untuk nasi kuning. Sampe rumah, langsung masuk dapur, bersihin bahan2, bumbuin ayam, en persiapan lainnya. Agak siangan, Nikki aku serahin duluw ke pengasuhnya. Sementara dakuw nyicil bikin cake tabur cinnamon (irit yak! 1 resep cuman 2 telur. Tp enak!). Tp satu resep aku jadiin 2 loyang. Siangnya, balik ke Kramatjati, ke toko bahan kue. Weks! bikin kalap mata. Dakuw kok pengen macem2. Untung nafsu belanja dapat direm, meski akhirnya 2 loyang brownies yg tak direncanakan masuk kantong! :D

Abis magrib, mulai bikin adonan pastel, ibuku yg nggiling. Dakuw? msh nyicil bikin kue2, terutama buat cup cake. Abis kelar, aku+Tari mbantuin ibuku bikin pastel. Kelar tengah malem, nggoreng besok pagi ajah. Badan udah pegel2.
Image hosted by Photobucket.com
Nikki sms Mama: "Mama, gimana kuenya? Udah jadi belon yak?"

Paginya, "pertempuran" hidup-mati (hiperbolis banget deh ah), terjadi di dapur! Ibuku nggoreng ayam, pastel, en bikin nasi kuning komplet, dakuw bikin kue2 yg belon kelar. Jam 10-an, ada janji ama Vita buat ambil ituw edible. Dakuw langsung ngacir, manggil tukang ojek! Loh, emang suami ke mana? Papanya Nikki lagi ada acara di Puncak! hiks... jadi praktis smuwa diurusin ndiri deh!

Sampe rumah lageh, dakuw liat itu poto2 Nikki. Sempet kaget juga. Yang buat kue ultah kok Nikki-nya jadi keriting? huahaha.... jadi kayak orang ambon manise gituw. Sms Vita, ternyata oh ternyata.... krn backgroundnya diganti, yg asli keikut. But, it's oke kok. Gak gituw keliatan (mungkin yg sadar malah emaknya doang!)

Menjelang duhur, kayaknya aku+ibuku jadi panik!!! Telpon saudara, minta dianterin bantuan. Huahahaha... jadilah sodaraku minjemin asistennya. Dan, untungnya lagee, siangnya ada saudara yg dateng. Siiip, tenaga bantuan oi.
Image hosted by Photobucket.com
Papa jangan ganggu aku. Lagi sms Mama nih!

Fiuh, akhirnya ituw kue buat cup cake sebagian udah kelar. Dakuw mulai motong kue-kue yang lain, bentuk kecil-kecil, taruh di kertas kue, atasnya hias pake white cooking chocolate. Jd lumayan keren (ini gak tmasuk yg tabur cinnamon loh). Sementara di oven masih ada sponge cake cokelat yg belon mateng, dakuw bikin buttercream buat ngehias. (Maap sodara-sodara, kamera dibawa suami, jadi kehebohan di dapur gak bisa direkam! :( hiks..)

Panik! Udah jam 3. Akhirnya cup cake buat temen2 Nikki kelar juga. Nasi kuning komplet juga kelar. Mulai nyicil buat dianter-anter deh! Jam 4, mulai bikin gateau africain buat kue ultah. Eh, tapi tengahnya gak aku kasih vla, tapi aku kasih dark cooking chocholate yg dilelehin, abis itu siram semua bagian dengan cokelat juga (aslinya males ngehias!).

Ini cup cake hasil kenekatanku:
Image hosted by Photobucket.com
Jam 5, kelar sudah. Sambil nggendong Nikki, pasang lilin (salah nih. Pasang lilin duluw baru dihias pinggirnya!). Abis ituw dakuw ngehias dengan ala kadarnya. Dan... ini hasilnya:
Image hosted by Photobucket.com
Fiuh... abis magrib Mas, Mas Ato en Mbak Santi dateng. Kita-kita mah udah mulai nggelar tikar en nata-nata kue. Habis isya, baru deh pak ustad dateng. Tunggu punya tunggu, yang lain akhirnya dateng juga, en... terakhir anak-anak yatim. Akhirnya, doa bersama dimulai, bersyukur Nikki udah 1 tahun!!!! Yippi... plok-plok-plok! Terharu gituw loh. Ampir gak percaya... anakku udah setahun!

Pulangnya, anak-anak heboh deh dapet ituw cup cake ada gambarnya Nikki. Dipegangin terus... gak boleh dimasukin tas. Hehehe....
Image hosted by Photobucket.com
Komentar soal cup cake yang aku terima:

1. Lucu... amat!! Ini dari gula kan? (tetangga)

2. Itu kue disimpen kulkas ampe hari ini (opungnya temen Nikki)

3. Jangan dimakan! Ituw kan ada gambarnya Nikki. Nanti sama ajah orang makan orang ! (bikin aku pengen nangis deh. Gak tau perjuangan bikinnya seeh!hiks!)

4. Fotonya dibuang! (Doni, 3 tahun, temen Nikki)

5. Gak boleh kesentuh benda lain (anak-anak yg diundang syukuran)

6. Dipajang di meja makan (saudara)

Ehm, acara kelar agak malem, karena mulainya kemaleman. Abis orang-orang pulang, mulai bagi-bagi nasi kuning buat tetangga sekitar. Maap, maap (gaya Mpok Minah), kemaleman!!! :(

Tengah malem, aku udah gak kuat deh ah. Masuk kamar, "tewas" seketika. Mana Nikki rewel (kecapekan). Mana ada mbak Awe en Mbak Opi yg dateng jauh2 dari Puncak (telat, macet!). Tapi apa mau dikata saudara-saudara. Badanku udah cuapek beratz! Akhirnya yang beres2 Mas.

Minggu pagi. Rencana mau nengokin saudara yang lagi sakit di RS. But, sebelon ituw, masuk dapur lageeh. Bertempur dengan wajan dan gerombolannya. Nyiapin kardus buat nasi kuning. Setelah kelar, tumpuk di meja teras! En... gak berapa lama, mulai lewat deh ituw "tamu2 istimewa". Tukang loak (ampe bengong doi), terus tukang sol sepatu, tukang es, terus pengemis, etc. Seneng...deh bisa berbagi. Cuman bisa bilang: "Pak, bu, doain anak saya yak..."

Agak siang, "acara" kelar sudah! Langsung ngibrit ke RS karena udah dijemput kakak sepupuku!

Fiuh **ngelap keringet, kayaknya nulisnya banyak bangets** ituw dia acara ultahnya Nikki.

Buwat smuwa yang udah ngucapin selamat en ngedoain Nikki...makasih buanyak yach...... **big hug**

15 comments:

-ari- said...

wah gak rugi kok nekat...:))

bagus..bagus...pengen buat kue dengan edible juga..tapi sayang kalo dimakan..:)

makanannya banyak banget..bagi2 dong...:)

gimana capeknya??dah lewat belum? :)

-ari-

Devita/Alya's said...

Mamanya nekat? wow...malah hebat...lagiiii!
Happy belated b day, Niki...

TomInta family said...

Wah canggih euy,..plok plok plok buat Mama,....;)
repot tapi puas ya?
masih pegel pegel? :D

Nia said...

Met ulang tahun yah, Nikki, Panjang umur & bahagia selalu ....

Duuuuuuh, itu kue nya bagus pisan, Mama nya :thumb: deh.

yomori said...

Met Ultah ya Kak Niki, moga panjang umur murah rezki dan sehat selalu:-) BTW mamanya jagoan juga tuch bikin cakenya, jadi sayang buat dimakan, he he...:-
)

Ossy said...

Happy Belated Birthday Nikki, semoga slalu sehat, tambah pinter & tercapai cita2nya.... AMIIINNNNNN.....

Aika, mama & papa

Ossy: Waduh Mom huebat euy tart-nya euy.... nekat2 kl ada hasilnya puas yaaa..... emang mendingan bikin ndiri deh kl Tart... abis skg cake mahalnya ampun2... aku juga mo belajar menghias tart... buat irit dimasa depan... kekekeke... slamat...slamat....

Ophi said...

waaaa hebaddd...hihihi walau heboh sureboh hasilnya okeh...dih itu lucu banget sih yang komen sama dengan makan orang..aihhh ada2 aja ..hihi..

ei said...

ei jg menyebut ei sendiri beginner nekad koq hehehe... biar ga pake kursus, oke juga lho kue2nya ... btw ei masih bingung, cup cakes itu jadinya segede gimana ya? spt muffin mini nya dunkin atau muffin yg gedenya ?

Bunda Lyla said...

Met ulath ya dek Nikki, panjang umur dan sehat walafiat selalu.
Wah mamanya Nikki jempol empat deh! *nambah ama yg dikaki* salut beurat! betapa hebohnya preparenya itu...tapi puas donk ya:-)

Lia said...

Retmaaa bisaan Great Job Say...:)
Selamat ya untuk Nikki semoga jadi anak sholeh, sehat, cerdas dan jadi yang terbaik untuk diri keluarga agama dan bangsa. Amin.

Tina said...

Nikki.. selamat ulang tahun ya..

Semoga Nikki kelak jadi anak yang pintar, sehat, berbakti sama orang tua, panjang umur dll..

Salam ya dari tante Tina..

Lili said...

Met b-day yah Nikki. Semoga mjd anak yg sholeh dan bertakwa serta pintar n hormat pd ortu, aamiin

rosy said...

wah..keren tuh kuenya, biarpun nekat keliatannya enak..*sambil nelen ludah*...

mulai skrg kaya'nya daku hrs belajar bikin kue ndiri deh.., biar puass...

Riana said...

Retma, way to go, girl!!

BundaZidan&Syifa said...

*standingapplause* hebaaaaaaaaat... sip sip.. seneng deh sama yang punya semangat gede kayak retma!