Wednesday, July 26, 2006

My Nikki

Photobucket - Video and Image Hosting
Lega, akhirnya nyampe rumah juga. Huhuy! Ternyata... oh ternyata... Nikki kayaknya gak kangen ama aku. Huaaaa... :( Eh, ini selama aku di Yogya loh yak. Kata Mas+Tari sih, Niknuk Nikki GAK PERNAH tanyain dirikuh! Oh, nelangsanya...

Klow ama tetangga ditanyain, Nikki.. Mama ke mana yak? Jawabnya selalu: "Kerja... naek kereta!" Wakz! Segitunya Nak. Tapiiy, begituw diriku nyampe di rumah, nih anak berasa jadi ekor deh! Hehehee. Ke mana ajah aku melangkah, dia ngikutin. Klo dah gituw dia bilang: "Capek Mama... Mama bolak-balik." Halah... Mama juga gak mengharuskan kamu ngikutin Nak! :D

Teruuuus, klow aku lagi masak, dia suka tarik-tarik bajuku sambil bilang: Mama.. gendong dong! Hehehe. Lagi manja abiz deh. Maunya apa2 sama aku. Kalo ditanyain: Nikki kangen ama Mama gak? Jawabnya: kangennnn.... Hua! Senengnya hatikuh!

Hm, sekarang kan Nikki suka banget didongengin tuh. Baca buku juga. Aku suka minjemin buku2 di perpustakaan kantor buat dibaca dia. Nah, yg lucu... siang tadi kita baca cerita Kucing Bersepatu Bot!

Nikki: Ini apa Mama?

Mama: Ini kucing Nikki... terus yg sebelah ini ada tikus, lagi ketawa... soalnya kucingnya pake sepatu bot.

Nikki: Ini? (sambil nunjuk koin yg dipegang si kucing)

Mama: Oh, ini uang punya si kucing, yang mau dibeliin sepatu bot.

Nikki jalan ke luar kamar, sampe di samping kulkas, dia ngambil dompet yg emang ada di situ.

Mama: Mau apa Nikki?

Nikki: Duit... beli sepatu bot buat Owen

Mama: Hah??? **pingsan**

Fakta tentang Nikki:

  • Name: Jibril Nikki Ghiffari
  • Panggilan: Nikki, Niknuk, Niknuk Suniknuk (halah... yg laennya emak ama bapaknya yg suka ngarang! hehehe)
  • Binatang kesayangan: Owen (mo siapa lagih?)
  • Film favorit: Nemo... forever!
  • Acara tipi fav: Backyardigans+Jojo circus! --> suka niruin gayanya Backyardigans atau Jojo. Sekarang suka niruin gaya Jojo sambil bilang: wash... wash...wash **tangannya muter2 rambut kek orang keramas** :D
  • Makanan fav: sekarang lagi suka spageti! Pokoknya klow dia dah gak mau makan, aku bikinin spageti, pasti langsung mau makan. Tapi klow ditanya mo makan apa Nikki? Jawabnya selalu: sayur bening... :)
  • Baju fav: Yg ada gambar Nemo/ikan

Kapan Nikki sekolah?

Pertanyaan ituw sekarang sering banget diajuin ke aku. Atau klow ke Nikki, Nikki dah sekolah belom?

Heh... aku kadang bingung sendiri. Pan Nikki umurnya ajah belon 2 tahun. Mo sekolah apa? Tidak... maap. Aku belon mau masukin Nikki ke sekolah, playgroup sekalipun! :D Bukannya apa-apa yak, soalnya ngeliat Nikki kayaknya sosialisasinya lumayan oke kok!

Kemarin2 sempet tergoda sih, buat masukin Nikki ke playgroup. Tapi pikir punya pikir, kayaknya Nikki "belon siap". Kenapa aku bilang belon siap? Hm, ini sih sebenernya keinginan kita ajah (aku+Mas). Kita sih penginnya Nikki puas maen duluw.

Dan, kalaupun nanti Nikki harus sekolah, aku berharap dia sudah sangat siap! Aku pernah baca sharing dari ibu2 yg anaknya masuk sekolah terlalu dini. Well, anaknya emang pinter luar biasa. Umur 17 tahun dah kuliah. Tapiiiy, ternyata si anak belum siap secara mental. Dia susah untuk mengontrol emosi. Terakhir, saat dia kuliah ituw, dia minta ibunya untuk keluar dari kerjaan dan menemani dia di rumah!

Juga, sharing dari para guru yg bilang... klow anak yg terlalu dini masuk sekolah, efeknya akan mulai keliatan saat dia mulai masuk kelas 3 SD. Mulai malas masuk sekolah, suka ngambek, susah ngikutin pelajaran, dll.

Tidaaak, aku tidak berusaha "menakut-nakuti" orangtua. Tapiiy, buat Nikki, aku pengen yg terbaik. Belon lama, di surat kabar ada iklan playgroup yg mengklaim saat sekolah di situ, anak dijamin bakal bisa membaca.. berhitung, dll.

Ya Allah... buat aku, sekolah macam begini langsung aku coret dari daftar! Tidaaak, aku tidak mengharapkan yg muluk2 untuk Nikki. Aku cuman pengen dia bahagia, menikmati masa kecilnya, tanpa tekanan! Tetangga di sekitar rumah ada anaknya seumuran Nikki, dah masuk playgroup, dan mulai kursus bahasa Inggris. What? Buat aku, apa ortunya gak mikir anaknya yak? hikz.. :( Padahal ngomong ajah belon bener banget! Pleaze dunk... gak usah muluk2 lah.

Aku pernah menghadapi ini: sekolah di SMA favorit, tiap hari tertimbun buku, tiap hari tertimbun tugas, tiap hari ada les atau pelatihan atau kegiatan ekstrakurikuler. Aku gak menikmati ituw sama sekali!

Karena ituw, sebelon masa2 ituw "menimpa" Nikki, aku ingin dia menikmati masa kanak-kanaknya. :D

Lagian, terlepas dari ituw, umur Nikki agak susah. Setiap kali taun ajaran baru yg dimulai Juli, Nikki umurnya kurang sebulan! :( Pastinya, ini bakal jadi kendala saat dia mo masuk SD negeri nanti. Hm, makanya aku pengen klow nantinya Nikki masuk sekolah, sekolah itu bener2 sesuai yg diinginkan. Buat aku+Mas, juga buat Nikki.

Yg dah ada di pikiranku:

1. Sekolah tidak terlalu jauh dari rumah. Lah, klow waktunya habis di jalan, buat apa? Kan kasihan anaknya.

2. Biaya tidak terlalu memberatkan. Hehehe :D Abiznya sekarang biaya sekolah kadang2 gak masuk akal!

3. Survei sekolah. Kalo perlu, kita jalanin satu hari (trial class) untuk tahu keadaan sekolah ituw, sistem pengajaran, dll.

4. Tidak terlalu banyak kegiatan, dan masih mementingkan maen.

5. Kurikulum

6. Guru-gurunya. Kita liat, komunikatif atau enggak. Sama murid kira2 pijimana.

7. Kebersihan sekolah, fasilitas, dll

8. Heh??? belon2 kok udah banyak yak? Hikz... Yg laen, yg anaknya sudah pada sekolah, kira2 apalagi yak??

NB:

* Thx buat Lawni yg dah bikinin gambar Nikki di atas. Klow ada yg tertarik, silakan hubungi yg bersangkutan. Mo pesen gambar, undangan, dll (Lon, kutepati janjiku mempromosikan dirimuh! :D)

* Thx buat Dei, Erwin, Fathur, Upie, n Tweet selama aku di Yogya

* Thx buat Didik n Helen. Ampyuuun, betahnya kalian di tempat sesepi ituw! :P

19 comments:

Ophi said...

huahahahhaha owen mau dikasih boot..

eh lucu tuh gambarnya...bagus juga buat header blog gehehehehheheh

piro yooo 1 gambar?

meyrinda said...

lam kenal mba
anakku september besok mau 3 tahun, skrg dah terdaftar jadi murid PG disalah satu sekolah karena dia yang mau dan pertimbangan bersosialisasi. ternyata o ternyata, dia maunya nempelll terus. kesimpulan, ga cuma anak yg kudu siap mental, ortu juga! hehe

mamabumi said...

haluuuu jeng,..hihihi... syenangnya yang udah balik lagi.. nikki diajarin siapa tuh,.. sok2 gengsi ga butuh mamanya?.. padahal.. mungkin dalem hatinya bilang..."mama kapan pulang yaa....?"...

btw,.milih or mutusin anak "sekolah".. *halaah.. ini sih simplifikasi ajah*.. emang butuh banyak pertimbangan,. jangan semata2 karena toko sebelah udah nyekolahin anaknya ajah,.. tapi emang kudu dipertimbangkan sama kondisi anak kita n lingkungan sekitar kita,.. keputusan untuk nunda nikki sekolah,..good idea juga looh.. kalo nikki udah sering sosialisasi dirumah sama temen sebayanya,.. trus banyak dapet stimulasi (motorik halus + kasar) dirumah,...emang itu kaan.. yang dibutuhkan nikki di usianya yang segituh.. *caelaah.....sok tua bener yaa.. dirikuh ini...*

Mama Zaza said...

hihihi...jadi ngebayangin gimana owen pake boot yak?! :D

iya bener ma, kasian nikki klo udah disekolahin, takutnya nanti bosen, mendingan maen2 aja dulu sampe puas.

mo nitip apa di toko 8 jeng? :)

Nunik said...

Welcome home mbak :). Kayaknya kita sehati yak mbak. Aku sendiri juga blom kepikiran untuk menyekolahkan anakku di pleigrup sama lah kayak mbak, anakku punya banyak teman dan bagus deh untuk sosialisasinya. Kalo pun aku ingin mengajarkan anak aku lebih tertarik menerapkan metode home schooling terlebih dahulu mbak. Entahlah kalo Darell udah berumur 3 tahun, apa aku mo ke pleigrup atau tidak :D, itu masih perlu banyak pertimbangan. Karena aku sendiri baru sekolah pas TK dan pernah juga ngerasain yang namanya bosen ama sekolah :D.

yanti said...

hmm iya sih, to school or not to school (apa seh) buat anak balita, apalagi batita, emang sangat individual ya. gw sejauh ini juga blom minat nyekolahin si N sih. kalo soal maen dan sosialisasi, paling gue ajak ke playground di department store deket rumah.. hihihi...

erfi said...

Senangnya yg udah di rumah lagi :)

Benar Ret, jangan maksa untuk nyekolahin anak, apalagi kalo nikki udah banyak teman maennya di rumah. Izqa aja ngga pernah gw paksa. Biasanya kalo dia mau dia bakal bilang mau sekolah tp kalo ternyata sampe di sekolahnya dia ngga mau ya gw ikutin aja.

Tiwi said...

segitunya persiapan orangtua yach kalo mau masukin anak sekolah.
kalo aku dulu sih, mana sekolah yang deket *asal bisa jalan kaki*, di situ aja dimasukin. sekolah negeri pokoknya, murah. gak pake TK segala, langsung SD.
bagus tuh, Nikki kudu ngalamin masa kanak2nya yg bahagia dulu. waktu gak bisa diputer balik. soal ilmu bisa dipelajari seiring dengan waktu.

Keira Adzra Athayya said...

baru pulang juga yaks... aku juga sama niy, lagi sering keluar kota, kuangennya minta ampun ama Kei.

Seneng niy... dah punya fans:)

tuteh said...

bunda, malu nih aku kalo ngeliatin photo ituh. disimpan lain waktu boleh, bunda? :P
oia, Nikki dah tambah besar yaaa... dah tambah pinter. tapi blum sekolah dulu jg gpp, yg penting di rmah dia enggak pasif, terus belajar ;))
met wiken bunda, salam buat Nikki... salam buat Owen, bilang aja dari Pollar (piaraan ponakanku; Indra) hehehe

danida said...

setujuh....sedelapan...halah...sama mbak aku jg pengennya zidan gak cpt2 sekulah dulu biar dia puass maen sesukanya duluw:)
eh lucu jg tuh klo owen dipakein spatu trus dipoto:D
Lahh Nikki sama jg ni ama zidan klo ayah ibunya ga ada die cuek2 ajah begitu pulang mintanya apa2 ditemenin:)

roro said...

heuehue... kalo Nikki piara Nemo, bentrok ama Owen gag ya., hehehe sadis :)

Loh, NIkki blon ada 2 taun ya.. duuuh pantesan banyak yang nanya kapan sekolah, kek udah gede :D

Rahmi Sukma said...

NikNuk apa kabar sayaaaang?
Haura juga belum masuk plegrup. KAyaknya mo langsung TK aja. Kbetulan di rumahku ada TPA buat anak2 kecil. Waktu aku ajak Haura ngantar Udanya, dia juga mau dipakein tas, dibawaain buku, dipakein krudung. Ya udah... dimasukin aja karena dia yang minta. Hanya memperkenalkan supaya cinta mesjid, cinta Alquran.

bibipbondry said...

kalo bs sama ortu sih mending anaknya puas2in di rumah lho mbak ^o^...lebih mantaf katanya...

Yona said...

wah! mbak wati, buaggoosss buangett tuw idenya.. mending si nikki maen2 dolo ajah mbak... sampe puazzzz.... (btw, lam kenal bwat niknok yaw mbak?):D

btw, kalu ditanya knapa gw masih betah di jogja mah jawabannya karena gw blon ditendang ajah ke mana-mana.. tp mendingan jogja buangeth lo mbak daripada jakarta.... huehuehuehue...

*hidup LDR!!!!*

Gege said...

wakakakakak...
niknuk suniknuk....
nama baru yg gw denger...

Niknuk makin lucu aja deh..

Nia said...

eleuh .... Nikki mau beliin owen boot hihihi ....

foto nya bagus banget .... :inlove:

Mamahoney said...

waaw bagus yaa gambar Nikki, Hani Ica jd pengen nih.. skolah utk balita yg memang utk melatih skill sosialisasinya, terlalu kecil jg kasian daya tahan tubuhnya blom kuat bgt krn disekolah selain share mainan, anak2 jg 'share' penyakit.. sun sayang bt Nikki

matahari said...

heuaheuaheua
infomercial: silakan kunjungi www.sunshowers.blogspot.com untuk info gambar vektor wajah lebih lanjut ;))

heuahueahuea, nunut dodolan ya, yuuuu!