Saturday, September 02, 2006

Bertemu untuk Berpisah

Pagi ini... aku berdoa dalam hati. Ya Allah... aku ingin mengunjungi temanku. Tolonglah... aku sangat berharap bisa "bertemu" walau cuma sebentar.

Alhamdulillah, ternyata Allah mengabulkan doaku. Pagi ini, setelah mengurus surat2 di Bekasi, aku meminta Mas untuk mengantarku. Menemuimu... tentu saja.

Sampe di tempat itu... aku terpana. Begitu asri. Aku sempat tanya ke orang yang ada di situ, di mana tempat kamu berada. Orang itu menunjuk satu tempat. Aku dan Mas menuju tempat itu. Tapi... tunggu dulu. Aku meminta Mas berputar. Aku lihat di sana ada penjual bunga.

Bagus-bagus. "Mau bunga yang mana Neng?" tanya ibu penjual bunga. Hm... aku berpikir. Aku tidak tau apa bunga kesukaanmu. Tapi aku liat ada bunga berwarna ungu, warna kesukaanmu. Aku minta ibu itu merangkai bunga tersebut. Yang bagus, tentu saja. Karena untuk seseorang yang sangat spesial seperti kamu, rasanya bunga pun tak cukup.

Aku dan Mas pun sampai di tempat kamu. Dan... air mata dah tak terbendung lagi. Melihatmu, hanya nama kamu yg tertera di nisan putih, membuat sesak dadaku. Kenapa pertemuan kita seperti ini??? :(
Aku membayangkan pertemuan kita adalah pertemuan yang bahagia... penuh tawa, penuh canda. Tapi di sinilah kau berbaring. Menghadap Yang Kuasa. Aku hanya bisa memanjatkan doa... sambil berbisik pelan: Halo... Bunda!

Rasanya berat sekali meninggalkan tempat itu. Terbayang kembali percakapan2 kita setiap malam.

Inong99: retma.....
retma: Ya bun. Siap grak!!!
inong99: :D
inong99: lagi sibuk?
retma: hm, enggak sih. Kenapa bun?
inong99: Aku tadi salah orang...
retma: salah orang gimana??
inong99: Iyah. Kan aku lagi di dapur. Terus ada pesan masuk yang masuk ke hp.
inong99: Tanya, lagi ngapain bun??? Aku liat namanya sepintas. Terus aku jawab
inong99: lagi bikin lidah owen neh.
retma: heh??? Lidah owen??? **ketawa guling-guling**
inong99: iya. Terus dia tanya lagi. Emang ada resep baru ya? Emang ini di mana, di Sing atau di Indo??
inong99: Nah, dari situ aku curiga tuh. Kok tanyanya aneh.
inong99: terus aku liat, ternyata bukan kamu :D
retma: emang namanya siapa bun???
inong99: R****
retma: Wa.... jauh tuh.
inong99: iya... namanya lagi sibuk. Cuman liat sepintas.
retma: ho.... itu karena kamu kangen ama aku Bun. Hihihi :D
inong99: ye.....
retma: ngaku ajah... ;)
inong99: iya deh.... :D
retma: emang banyak pesenan Bun? Kok gak pernah nongol?
inong99: gak sih. Kamu ajah yang jarang colek2
retma: hihihih. Maap... maap. Kerjaan gak sopan nih. Banyak banget :(
......

Bunda... sejak "pertemuan" itu, entahlah. Rasanya aku lebih tegar. Aku sudah bisa menahan diri. Tidak menangis terus seperti hari2 kemaren. Mungkin... kamu memang tidak mau liat temen2mu menangis ya?

Saat ini aku hanya bisa berdoa. Dan insya Allah akan terus berdoa. Untukmu, tentu saja. Seorang teman yang baek, cantik, dan pintar! Makasih atas hari2 di mana kamu mengisi hidupku Bun. Terima kasih sudah menemani aku tiap malam saat aku di kantor.

24 comments:

Tiwi said...

sedih...*kehabisan kata*, hanya bisa mendoakan agar yang ditinggalkan Inong akan tegar menapaki hari2 selanjutnya.

novira said...

salam kenal yah mbak Retma..Syukur deh mbak sempet mengunjungi tempat teteh terakhir istirahat..*benar2 kehilangan yah..mbak*
Boleh aku link blognya mbak?

retma-haripahargio said...

to: tiwi --> iyah, semoga semuanya tabah....

to: Novira --> silakan, silakan. Aku emang sengaja ke sana pas dah sepi. Soalnya klow rame, liat Zidan ama Syifa pasti gak kuat! :(

Gege said...

Mbak Retma...
Hugs...
pengen cchatting sama mbak Retma niiiy..:(

Ossy said...

Ret, kaget bgt yah denger Bunda Inong berpulang.... aku dpt sms ngga Inong koma ngga ngeh kl itu temenku... aku pikir sms Nyasar... bgt buka2 blog... kaget setengah mati... apalagi akhirnya Bunda berpulang... SLAMAT JALAN YAH NONG... SMOGA KAU TENANG DISISINYA...

Lia said...

:((...kehilangan besar kita Ret. Saya sampai hari ini kalo masak suka keinget aja, kalo masak ini kata teh inong kudu pake ini, itu dsb. Malah kemaren malem mo masak hati bingung diapain sempet duduk depan kompie mo nanya ke teh inong, gak sadar kalo beliau pergi!.

Banyak doa dan cinta untuk beliau, pun semoga keluarganya tabah ya!

silvy nugroho said...

retma...moga-moga aku dah bisa kuat...ga nangis lagi...tapi teteup sejak tau beliau meninggal ampe skrg blom brani masuk blognya lagi...

Takut nangis lagi...masih ga kuat kalo liat fotonya zidan ma syifa...2 malaikat kecilnya...

baidewei blongnya aku link boleh yaa...

mama raushan said...

Salam kenal mbak ...baru dari rumah Gege mau semangat baca posting gege..terus iseng masuk ke blog mbak...he..he..kok asa pengen nangis lagi nih...ngak bisa aku pungkiri...hatiku masih tidak kuat ..

Ophi said...

Speechless.....

Hugs retma kencengggggggggg

matahari said...

ikut sedih :( *speechless*

danida said...

mbak Retma....hiks..hiks..*peluk kenceng*
semalem di RCTI ada Indonesian Idol, pas ghea nyanyi aku inget mbak Inong yg suka juga ama Gea...nahan2 spy ga nangis, tapi tetep mata berkaca2, juga pas baca postingan ini:(

wiwin kompas said...

Mbak Wati, aku jg lg sedih nih. Biasanya klo blm ada kerjaan, aku sering baca2 blognya bunda.Dan skrg aku jd kangeen banget sm bunda Inong. Kl mbak Wati nengok bunda lg, titip salam ya mbak.

meyrinda said...

mb, salam dr aku jg kalo berkunjung kesana lg ya? sedih bgt deh kehilangan beliau....

Nunik said...

Iyak kepergiannya memang membuat semua orang bersedih termasuk aku yang selalu ketawa kalo ngebaca tulisan blognya alm dan sekarang merasa kehilangan. Semoga segala amal baiknya diterima di sisi Allah AWT dan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Amien

Bunda Reva said...

sedih ya... nggak nyangka inong pergi secepat itu.
di hari inong meninggal, aku sampe nangis di kantor ngeliat foto syifa & haris waktu di RS.

Bunda Lyla said...

Ret...
baca postingan ini aku jadi nangis lagi...blogwalking kemana2...semua tentang crita indah dan doa untuk inong..
hiks...

Mbu said...

ah...T Inong memang bunda idaman ya...Kita semua kehilangan. Tepatnya dimana makam teh inong mbak retma ?

retma-haripahargio said...

to: semuanya --> thx dah mampir. Iyah, aku juga rasanya lom percaya neh. Tapi gak tau, sejak dari makam, rasanya aku lbh tenang.

Hm, makam teh Inong ada di TPU Pondok Kelapa. Tempatnya bagus deh. Asri...

Riana said...

Sampe hari ini sebenernya masih sedih juga, tapi maksain aja buat ngapa-ngapain.. hiks..
Mau juga ke makamnya. Sedih banget datengnya telat, udah keburu dikubur. Huhuhu... :((

nYam said...

aku juga masih ga percaya. kadang sambil ngeliat monitor, berharap ada pop up: bunda zidan is now online

tapi ga lagi yah....:-(
padahal ga kenal dekat juga. tapi bener2 kehilangan...:-(

rosy said...

sedih.....org baek pasti bnyk yg mendoakan...

alo Retma, pa kabar??

Rahmi Sukma said...

Kita ikhlas ya Ret... Moga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan. Dengan ujian ini semoga mereka mendapat pahala dan kemuliaan.

lijialefw said...

The story is about a very small (wow gold)because the (wow gold)reasons for the (wow gold) expulsion Chushi doors have been forced to(wow power leveling) living on the United Kingdom, (wow power leveling)in abroad alone the people(wow power leveling) struggling for survival. A naturally do not (wow power leveling) agree with the ethical person. A war many of the cracks in the middle of the(wow gold) pursuit of hard power of (World of Warcraft gold) extreme people. A look at(wow power leveling) the friendship will be more important than the lives of people. The best of life, the best of the best stories or Long Road. Like Xiuzhen's friends must-see (Rolex)category.

usaha laundry said...

usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry