Friday, September 08, 2006

(update) Laporan: Zidan n Syifa

Postingan kali ini khusus tentang Zidan n Syifa. Bukannya apa2, karena banyak yg nitip salam, karena banyak yg pengen tau kondisi terakhir mereka. Jadi, ini dia..... (Ophi, gak usah galak2 nyuruh guah apdet. Nanti jg di-update. Sabaaar!)
---------
NOTE: bukan pengen bikin sedih... tapi cuman pengen ngasih tau kabar Zidan ama Syifa.

---------
Jumat siang, dah janjian ama
Riana, Vita, Anna & Anne buat ke tempat teh Inong. Sebenernya acara 7 harinya tadi malem, tapi cuma Riana yg bisa dateng. Dari UKI, kita berlima naek mobil Anne, menuju ke Buaran. Di sana ada mbak Jane yg dah nungguin.

Kita gak bawa apa-pa, kecuali kue ultah buat Syifa. Iyah, 31 Agustus lalu Syifa genap berumur 3 taun. Kue ini bikinan Vita. Edible yg dipake di kue adalah pesenan teh Inong. Iyah, teh Inong sempet pesen edible phot
o ke Vita, untuk ultah Syifa. Dah dikirim ke SING, tapi.... lom sempet dibuat! :( Dan yg dibikin buat kue ini adalah copy-nya. Fyi, kata ummi pas tgl 31 Agust kemaren Syifa juga sempet ultah di RS, sambil nungguin Bundanya.
Sampe di Buaran, kami disambut ummi (mamanya teh Inong). Aku sih dah berjanji dalam hati, tegar... jangan nangis, jangan sedih. Tapi begitu kue itu dibuka, Syifa bilang: kue bikinan Bunda.... (sambil nunjuk kue).
Hua...., gak terasa aer mata dah tergenang deh. Dah gitu, waktu bilang ke ummi: "Ummi, ini kue, gambarnya sebenernya teh Inong yg pesen, untuk ultah Syifa." Ummi langsung nangis.... jadilah,"'pertahanan" yg dibangun itu jebol sudah.

Syifa sedikit pemalu... gak kayak Abang. Jdnya waktu mo dipoto syusaaaah.. banget (sori, sebagian poto msh ada di kamera temen).
Acara tiup lilin buat Syifa.... (eh, si Abang juga pengen tiup lilin) kemudian dilanjutkan potong kue. Si Abang, seperti biasa... gak bisa liat kue nganggur. Langsung makan dengan lahap. Syifa??? Gak mau makan :(

Setelah acara itu kami ngobrol2 sama ummi. Kami sempat bilang, kalo banyak temen2 yang tanya gimana keadaan Abang n Kakak. Ummi menjawab: "Alhamdulillah... mereka sehat."
Photobucket - Video and Image Hosting
Dari kiri: Abang Zidan, temennya Zidan (haduuh, maap ya lupa namanya), Syifa, Mas Harris.

Actually, menurut ummi, yg bikin tegar ummi justru kedua anak itu. Abang Zidan n Kakak Syifa emang seperti dah disiapin jauh2 hari oleh Bunda. Menurut ummi, Bunda dari sejak beberapa bulan lalu sudah sering bilang ke ummi: nitip anak2 ya ummi... Photobucket - Video and Image Hosting
Photobucket - Video and Image Hosting
Bahkan, menurut ummi, Bunda pernah bilang ke Mas Harris: Ayah, kalau Bunda meninggal... Ayah bolah menikah lagi. Tapi nanti istrinya harus pinter, harus tau segalanya. Tapi, anak2 nitip ke ummi ya. Mas Harris waktu itu sempet marah dan bilang: kamu ngomong apa sih?

Teruuus, ummi cerita soal saat terakhir Bunda, sebelum koma. Ini juga menjawab pertanyaan aku+temen2, yaitu... apa di kamar tidak ada tabung O2?

Photobucket - Video and Image Hosting
Kue ultah Syifa, desain edible-nya pesenan teh Inong yg rencananya buat ultah Syifa

Photobucket - Video and Image Hosting
Syifa nempel terus ama Ayah :p

Ini versi ummi: Waktu itu Bunda sedang asyik di depan kompi, di kamar. Ummi sedang tiduran di depan tivi, sebelumnya pesen ke Abang agar dibangunin, soalnya belum salat Ashar.
Tiba2 Abang membangunkan ummi, dan bilang kalau Bunda susah napas (Fyi: dah lama Bunda gak kumat asmanya). Ummi bergegas ke kamar, dan diliatnya Bunda sedang menggunakan nebulizer.
Tapi isi nebulizer tnyata cuma tinggal dikit, bertahan 15 menit-an. Setelah itu Bunda bilang ke ummi: Ummi... Bunda sudah enggak kuat. Nitip anak2 ya ummi... Allahu Akbar, Allahu Akbar. (Ya, sebelum koma, teh Inong sempat menyebut nama Tuhannya).

Setelah itu Bunda jatuh.... ke pangkuan ummi. Ummi sempat bilang: "Saya sebenrnya sempat berpikir, saya ibunya. Kenapa saya tidak bisa melakukan apa2 untuk anakku?"
Hikz... hikz... **waktu denger cerita ummi semua berderai2 deh, padahal dah janji bakalan tegar**

Beberapa saat di RS... ummi balik ke rumah. Saat tau teh Inong lebih oke... ummi nyiapin kamar, n nyiapin komputer teh Inong. Waktu nemenin teh Inong, ummi bilang: "Bunda.... harus cepet sembuh. Ummi dah siapin kamar Bunda, komputer. Anak2 juga nungguin Bunda."
Saat itu.... dalam keadaan koma, teh Inong menitikkan mata. Sepertinya, dia mendengar apa yg dikatakan umminya. Tapi saat keadaan memburuk, ummi bilang: "Bun... kalau Bunda mau pergi, ummi ikhlas..."

Waktu teh Inong meninggal, ummi sempat menangis sambil bilang,"'Bunda... kenapa begitu cepat meninggalkan ummi?" Abang Zidan yg ada di samping ummi bilang: "Ummi... jangan nangis terus. Kan ada Abang di sini. Abang yg akan menjaga ummi."
(Huaaaa... Abang Zidan! Sejak dulu aku ngefans ama kamu deh).

Waktu di pesawat, mo balik ke Indo, ummi mau makan. Waktu mo makan, ummi bilang: "Bunda... ummi makan dulu ya." Tiba2 Syifa yg ada di samping ummi bilang: "ummiiii... jangan panggil2 Bunda terus. Bunda sudah tidur panjang... ummi."

Iyah, kedua anak itu yg bisa membuat tegar ummi. Ummi juga menceritakan bagaimana teman2 teh Inong begitu perhatian. Dari sejak di SING ampe di Indo.

Kangen?? tentu saja. Setegar2nya kedua anak itu, kangen pasti ada.
Zidan tiba2 bilang ke ummi: "Ummi... Zidan kangen, pengen pegang tangan Bunda." Atau Syifa, waktu mo bobo sama ummi. Setelah berdoa, Syifa berkata: "Ummi... kakak kangen dicium Bunda."
Photobucket - Video and Image Hosting
Photobucket - Video and Image Hosting
Syifa, potong kue, dibantu Neng

Terkadang, kata ummi... Abang Zidan suka memandangi poto Bundanya (di ruang tamu ada poto keluarga teh Inong dg ukuran gede). Waktu ditanya ummi, ngapain Abang? Jawab Zidan: "Ah, ummi ngganggu ajah..."
Photobucket - Video and Image Hosting

Teruuuus, Abang bilang gini ke ummi: "Ummi... kan ummi udah tua. Kenapa bukan ummi yg meninggal duluan ya?? Kenapa Bunda? Kan masih muda?"
Jawab ummi: "kan kalo soal itu Tuhan yang mengatur, Bang." Abang manggut2 sambil bilang: "oh, iya ya."

Lain waktu, Abang bilang ke ummi. "Ummi... kan denger2 ada... apa tuh. Operasi plastik. Ummi operasi plastik ajah, biar gak keriput. Biar muda lagi. Jd bisa jagain Abang ama Kakak lebih lama." Hehehe. Si Abang mah, teteb... ajah nggemesin! :p

Menurut Neng, Abang Zidan & Kaka Syifa sekarang dah di Sing, ditemani ummi+neneknya. Mungkin baru balik ke Indo Januari nanti. :(

NOTE: Menurut info, blog teh Inong bakalan dilanjutin Neng, ampe Zidan bisa apdet sendiri. Semoga! Photobucket - Video and Image Hosting


56 comments:

Ophi said...

Tadi pas ceting diceritain masih tegar pas baca lagi huaaaaaaaaaaaaa trutama bagian yang boleh nikah lagi duhhh teh inoonggg, inget dulu teh kita suka saling cerita cemburu2an dan teh inong adalah kompor yang baik..,.hehehe suka bilang bakaaar bakaaar ajaaa hehehe...

ah yaaa...teh kita ikhlas yah...dan jangan kuatir teh anak2 teteh kuat dan tegar...

Mamahoney said...

huuaaaa Retma makasih postingnya jd tau kabar Zidan Syifa tapi teteb dakuw sediiih... alhamdulilah mereka kuat bgt ya.. btw met ultah buat papa Nikki yaa

Lia said...

haaaaa Abaaangggg! ihiks...anak2 buah mata buah hati. Segala yang terbaik untuk mereka ya ret, insya alloh. Terima Kasih postingannya (sambil terisak)

emaknya iffah said...

retma,salam kenal ya...makasih banget postingan ttg zidan-syifa...hiks..jadi kangeeeeen sama inong

wiwien kompas said...

Mbak Wati, aku jd sedih nih. Tiap hr aku msh buka blognya bunda Inong. Trims ya udah ngasih tau soal klg bunda.

roro said...

makasih ret.. makasih makasih.. terharu plus bangga membaca ketegaran abang dan kakak. Duh...

Tria said...

subhanallah, Teh Inong memang hebat. Bahkan untuk 'pergi' pun ia telah sangat 'bersiap'.

Windy Yayan said...

Duhh subhanallah banget yah zidan en syifa..subhanallah juga mba inong..

Makasih banget dah apdet..

moeng said...

mbak retma, salam kenal ya...duhh..teh inong emang bukan wanita biasa...subhanallah..mudah2n saat ini beliau sedang berbahagia disana, aminnn....

meyrinda said...

masya allah, subhanallah...makasih mba atas postingannya...hisk...jd nyesek lg dada ini. Emang mba Inong pantas jd panutan...emang mba Inong disayang ama Allah...Emang orang baik baru keliatan ketika berpulang...

mozzas said...

Duuh, postingannya bikin berderai airmata :(

Thanks ya udah kasih kabar. Biarpun gak kenal dgn Inong, sebg ibu dua anak gue merasa related to her.

And Happy belated birthday buat Niki juga !

Riana said...

Waah, cepet naek cetak nih laporannya. Thank ya, Ret. Lengkap tuh semua cerita Ummi dikau rekam dengan sempurna :)
Tapiii, daku jadi berderai-derai lagi neeeh.. padahal tadi siang di Buaran perasaan udah kuat deh gak pake mewek kayak semalemnya..
Ditunggu foto2 selanjutnya :-*

Frida said...

Thanks tuk postingnya.. emang mereka anak2 yg tegar. Duh neng mirip banget sama almh Bunda ya.. pertama buka sempet agak2 kaget gitu. God bless Pak Haris family!

Jane Sipasulta said...

Thanks ya, Retma.. laporannya cepat banget..

Btw, dalam perjalanan pulang dari Buaran, aku dan Ousya mampir ke makamnya Inong di Pd Kelapa.. Agak lama juga nyarinya, -/+ 30 menit nyari, baru ketemu..

Kemarin udah aku ceritain kan.. Waktu itu, bbrp bulan setelah mereka pindah ke S'pore, Inong mimpiin aku dan Ousya datang mengunjungi dia di rumahnya di S'pore.. tapi, belum kesampean..

Jadi, kemarin waktu ketemu makamnya, sambil naburin bunga di pusaranya, dalam hati aku ngomong..
"Nong, akhirnya mimpimu kesampean juga.. Aku sama Ousya sekarang datang mengunjungimu.. bukan di rumahmu di S'pore sana, tapi di sini, di rumahmu yang abadi.. Mudah2an kamu senang dengan bunga2 yang kami bawa khusus untukmu.."

Rahmi Sukma said...

Ret, makasih ya cerita Zidan dan Syifa. Knapa gag ngajak2 seeh aku juga pengen ketemu malaikat2 kecil itu.
Alhamdulillah Zidan hebad sekali.... Aku ikut bangga ma Zidan. Anak itu tetap aja lucu yaaa.

*bercucuran er mata lagi.....*

nisa said...

alhamdulillah .. semuanya lancar .. zidan syifa.. kook bisa segitu tegar yah :) *ahhhhh.. gag kuuaaatttttttt.. nangis terus nihhh*

Meli Wardani Luthfie said...

M' salam kenal yah. Makasih banget apdetannya. Smoga Zidan & Syifa selalu dilindungi Allah SWT. Amin.

Gege said...

Makasih yah mbak..
nyesek dada rasanya..Betapa zidan dan syifa bukan anak2 biasa, teh Inong juga bukan seorang bunda yg biasa, gitu juga mas Harris, bukan seorang suami yang biasa.. Mereka berempat adalah orang2 yang luar biasa..luar biasa tabahnya, luar biasa kuatnya..

Betapa bangganya teh Inong punya suami dan anak2 kayak mereka, dan betapa bangganya mas Harris, Zidan dan Syifa punya sitri dan bunda kayak teh Inong...

Kagum sama mereka semua...

silvy nugroho said...

ma, asalnya aku pikir bisa mengikuti pesanmu spt yg tertulis di awal cerita...tapiii...ga kuaaattt...

aduh padaal aku pengeeen banget ktemu langsung ma zidan & syifa,sampe kapan yaa di indo nya?

ada yang mau ke sana lagi ga..?ikut dooong...

novira said...

Makasih byk yah mbak Retma..dah posting abang sama kakak...

Bener2 teh Inong bunda yg patut dicontoh kita semua yaaa..apalagi dgn mesen ke suami: "Ayah, kalau Bunda meninggal... Ayah bolah menikah lagi. Tapi nanti istrinya harus pinter, harus tau segalanya. Tapi, anak2 nitip ke ummi ya...!"

*air mata bercucuran lagi*..
setuju bgt ama Gege: mereka semua luar biasa...Alhamdulillah tante Neng mo lanjutin nulis cerita Zidan & Shifa-nya...(jadi kita msh trs bisa lihat trs..perkembangan malaikat2 teteh)

Rahmi Sukma said...

Ret... lupa ya menjawab pertanyaanmu. Qiyya belon imunisasi Hep A. Seharusnya siiih udah, tapi belon sempat ke dr Jahja.

Kabarnya sekitar Rp 258.000,- Varisela brapa ya Ret?

Rahmi Sukma said...

Satu lagi telat nih... Mat ultah buat Papa Nikki ya. Kok kuwenya gag nyampe rmhku ya? he...he...

si kiky said...

thank you tadi dah mampir mbak, minggu lalu aku sempet kesini juga, pengen tahu updating anak2x m inong after their mom's funeral.cuma ngga ninnggalin pesan krna browsingnya di pake GPRS. duh, sedih lagi niy liat foto2x mereka. but,thanks anyway
PS Happy belated birthday for your hubby, semoga kebahagian senantiasa melimpah di keluarga m retma. :)

Tiwi said...

makasih postingan khusus ini, rasanya gak ada habis2nya ngikutin keluarga mas Harris sepeninggal Bunda Inong.
Zidan ama Syifa bener2 tabah yach, salut!

retma-haripahargio said...

to: oph --> Haduh, phi. Gue jd keinget waktu ada kuis yg seberapa cemburu ituh! :(

To: Mama Honey --> Iyah. Mereka dewasa banget deh. Gue saluuud. Btw, makasih ucapannya :p

To: all --> iyah. Aku posting ini karena tau banyak yg penasaran ama kabar mereka.

retma-haripahargio said...

To: mbak Jane --> mbak, kenapa kemaren gak bilang2 kalo mau makam? Riana pengen ke makam loh. Lagian klow ama aku, kan jd cepet nyarinya. Aku dah ke makam teh Inong juga.

To: Riana --> Iyah, harus cepet naek cetak Ri. Daripada diomelin ama ophi mlulu tuh :p

To: Mbak Rahmi --> Maap mbak. Soalnya kita ke sananya pas jam kantor neeh. Jd gak ngabar-ngabari :( heh?? Berarti Varisela teteb yg termahal yak. Aku dulu ama dokter abis 400-an klow gak salah! :(

L.U.P.I.N said...

ga sanggup lagi baca blog teh Inong...

Anonymous said...

masyaAllah ... masyaAllah, anak-anak yang sangat luar biasa. zidan-syifa, saya amat sangat bangga padamu. cinta dan do'a saya untuk kalian, masyaAllah ... sungguh menakjubkan ...

rahma said...

mbaaakk.., makasih yaaa..updatenya ttg zidan-syifa.., sedih..terharu tapi jg seneng dah denger kabar mereka, moga2 keluarga besar Bunda Inong..tetap kuat melewati hari-hari berat..ini,

Mbak, kebetulan sabtu pagi-nya aku ngelayat ke tempat Inong, yg nerima Ummi.., sampai sanapun kita nyaris nggak bisa berkata2.., beberapa cerita disini sempat jg Ummi ceritakan..spt pesan2 Inong..utk menitipkan anak2nya..(hikks, terasa sekali kalau Inong siap betul utk dipanggil Allah).., Inong memang meninggalkan kesan yg baik buat semua temannya.., ya mbak...

Mbak, gimana kabarnya Nikki, udah banyak-kah perbendaharaan katanya...?

Fanya said...

Mbak...lam kenal yah...makasih udah bikin 'laporan' ttg Zidan dan Syifa...
sungguh saya bukan siapa2nya bund inong, tapi saya merasa blio sudah jd bagian dr keluarga saya, anak2nya serasa ponakan saya... ah, smoga blognya bunda bener2 bisa berlanjut... tolong sampaikan salam kenal juga buat Neng, salam hormat buat Ummi...
Blognya mbak aku link yah...biar mudah 'ngecek' berita2 terbaru...
Sekali lagi terima kasih banyak yah mbak...

Anonymous said...

Retma,thanks..postingan ini menjawab rasa ingin tahuku atas Zidan dan Syifa..alhamdulillah mereka doing well..:)

Tapi jadi penasaran soal BB abang Zidan emangnya kenapa Ret?

BUnda Shafiya

Bunda Reva said...

retma, makasih apdet beritanya.
duh sedih banget liat wajah syifa, seumuran ama reva :(
syukurlah kalo zidan syifa bisa setegar itu.

Rainier & Mom said...

huaaa..nangis bombay!! Makasih ya Ret bwat postingan spesial ini! Gilaa..gw, kangen banget sama Zidan n Syifa! Syukurlah, mereka begitu tegar ya!

satu pertanyaan gw, menyimak puisi2nya bunda Inong, apakah blio sudah sejak lama sakit, atau bener2 kambuhnya baru kemaren itu ya Ret?

Soalnya kalu gw baca2 lagi blognya, kadang2 ada rasa sedih terselip diantara keceriaan dan kehebohannya dia?

Shendy

Ibundanya Jasmine said...

mbak retma,

thanks ya update critanya si abang zidan dan kk syifa..

niatnya sih gak mau meneteskan airmata...tapi hiks..hiks apa daya...huaaaaa..huaaaaaaaaa..

Aku jg yakin 2 malaikat kecil itu pasti baek2 aja...mereka begitu dicinta oleh keluarga besarnya...Insya Allah menjadi anak yg soleh dan solehah..amin..

nYam said...

mbak retma bikin aku nangis aja...huhuhuhu.....

makasih infonya ya. semoga keluarga Bunda Inong bisa tetap tegar :-(

ei said...

ret...
pengen banget ei ikut waktu kamu ajak... tapi yah, sikon nya ga mungkin...
baca postingan kamu, hiks... mewek lagi deh ei...
seperti kata gege...mereka emang keluarga yang saling membanggakan ya...

deenda said...

hiksss... jadi nangiss bacanya liat abang ma kakak yg tegar banged hebat banged alm. bunda dah ngajarin anak2 nya

Jane Sipasulta said...

Sorry Ret, bukannya gak mau ngajak..

Aku tadinya juga gak kepikiran mau ke makam.. Bener2 spontanitasku aja.. Kebetulan, kalo dari Buaran mau ke rumahku di Jtbening, aku selalu lewat depan TPU Pd Kelapa.

Nah, pas lewat situ, aku trus mikir, waktu pemakaman kan aku gak bisa datang, mending sekarang aja aku datang 'nengok' Inong...

bundaNanet+Nadya said...

banyak banget hikmah yg ditinggalin Bunda INong..Alhamdulillah, Almarhumah punya pewaris pemegang tongkat amanah & tauladannya:Zidan&Syifa..

thx banget updetnya..
biru banget...(nyesek&bikin mata plus idung ber-aer...)

Fie said...

Tks Ret ...

Alhamdulillah mereka kel yang kuat ya .... mereka ikhlas kitapun insya allah ikhlas ya ....

yuni said...

mereka emang keluarga yang hebat ya? dari umminya, bunda, ayah sampe ke abang dan kakak.
makasih postingannya mba, alhamdulilah abang dan kakak sehat2 semua.
*pusing nahan airmata spy gak jatuh soale ktr lg rame banget*

Anonymous said...

Abang dan Kaka tabah banget deh, Teh Retma DInny oge ngefans sama Abang teh, hero Bunda pisan

rosy said...

makasih postingannya Ret, hiks..hiks..nyesek dada ini, gw ampe' baca bolak balik postingan elu ini, bahagia bgt klo' mengetahui Zidan ma Syifa begitu tegar melepas kepergian bundanya...

met ultah buat papanya Nikki, smoga panjang umur, sehat, bnyk rezeki n' slalu dlm lindunganNYA...amin

Bunda Lyla said...

Duuh Ret, aku baru mampir lagi nih. Dan makasih banget dg postinganmu ini Ret. Jadi tahu kondisi Zidan-Syifa sekeluarga setelah Inong pergi.
Subhanallah mereka benar2 anak pilihan apalagi abang zidan duuh pengen meluk, bijaknya itu :)

Bener2 ya Inong dah menyiapkan kepergiannya. JAdi inget postingannya dg judul "aku pergi" pas waktu brangkat ke Sing, dg latar gambar laut dg awan kelabu tebal menggulung. Aku tuh sempat mbathin, loh Inong kayak pergi yg membawa duka. Puisinya suka aku intip, dalam banget kiasannya ya, bikin merinding.

erfi said...

Retmaaa.. ma kasih udah apdet cerita tentang anak² mbak Inong. Aku udah nguatin diri utk ngga nangis tapi ternyata susah yaaa.

Aku senang denger abang dan kakak baek² aja, dan mudah²an untuk seterusnya mereka bisa tetap kuat.

Andrie Anne said...

Hi Mba Retma..
Waahh baru tau nih Mba Retma ada blog..aku lega rasanya dah ketemu Zidan Syifa, Ummi n Ayah..at least, melihat ketegaran mereka..hebat ya..

dian mercury said...

xeah..nangis juga akhirnya aku...

terimakasih ya postingannya. sudah lama nyari2x kabar ttg zidan and syifa.

salam kenal ya

Keira Adzra Athayya said...

wadooohhh.... menyesal baru sempet mampir kemari...hiks... padahal ada postingan yg bagus coz minggu ini mengaharapkan ada berita tentang zidan syifa.

Thx infonya ya...

lily said...

retmaaa... bacanya sambil berkaca kaca nih... :( :(

cikubembem said...

makasih ya update-nya.

Mbu said...

Mbak retma...postingannya bikin sedih lagi....duuh...

Zidan dan Syifa anak-anak yang hebat yang selalu jadi kebanggaan Bundanya.

Terus tabah ya nak....

Buat Papa Niki : Met Ultah ya...
Spesial banget deh mpe Bundanya masak gituh...SALUT mbak

Bunda Naila said...

Makasih liputan ttg zidan-syifa, Subhanalloh terkadang memang anak2 lebih tegar drpd kita yang dewasa.Salam kenal ya mbak.....

ika's corner of life said...

huaaaaaaaa..............
bacanya ga kuat.
airmata aku berderai sendiri nih.

Alya Shafira said...

aku nangis bacanyaa :"(

usaha laundry said...

usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

renatans said...

Teh inong....
Berhasil mendidik abang zidan dan kak syifa menjadi anak-anak yang tegar. Suatu pelajaran yang sangat berarti bagi saya.....untuk suatu saat nanti