Thursday, October 19, 2006

Lebaran, Mudik.... akhirnya!!!

Akhirnya.... Alhamdulillah, bisa cuti juga. Huhuy!! **joget-joget** Hal itu berarti satu hal: Mudiiiiik. :) Cuti 4 hari, manfaatkan sebaik-baiknya.

Ya, ya... mudik. Ke mana? ke kampung halaman duong. Ke Kebumen. Ho... ho... ada yg mo ikut? Gak tau itu tempatnya di mana?

Mari bercerita sedikit.

Kabupaten Kebumen luasnya sekitar 1.281,11 Km² (halah, siapa yg mo ngukur!). Nah, daerah ini terdiri atas dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai. Rumahku termasuk di tengah-tengah, dataran rendah. Jadi, ke selatan dikit sampe ke laut (Samudra Indonesia), ke utara dikit sampe ke pegunungan.

Nama Kebumen, konon... berasal dari Kabumian, yang berarti tempat tinggal Kyai Bumi setelah dijadikan daerah pelarian Pangeran Bumidirja (Pangeran Mangkubumi) dari Mataram pada 26 Juni 1677, saat berkuasanya Sunan Amangkurat I. Sebelumnya, daerah ini sempat tercatat dalam peta sejarah nasional sebagai salah satu tonggak patriotik dalam penyerbuan prajurit Mataram (pada zaman Sultan Agung) ke benteng pertahanan Belanda di Batavia. Saat itu Kebumen masih bernama Panjer.

Ada apa ajah di Kebumen? Banyak.....

** Pariwisata: Goa Jatijajar, Goa Petruk, Waduk Wadaslintang, Waduk Sempor, Pantai Ayah, hm.. apalagi yak! Pantai Karangbolong, Pantai Petanahan (huuu, kalo Lebaran penuuuuh), Arung Jeram Pedegolan, Pemandian Air Panas Krakal, Benteng Van Der Wijck, dll.

Ada lagi.. Pantai Pasir (aku lom pernah ke sana. Wakakaka). Katanya neh, di sini ini merupakan pintu gerbang Istana Nyai Roro Kidul (Wallahualam).

** Makanan khas: Sate Ambal (wakz.. ini paling terkenal). Menurutku sate paling enak. Gurih, gak manis kayak sate madura. Ambal nih, kecamatan... sebelah selatan tempat tinggalku. Selain sate, di sini juga terkenal sbg penghasil emping melinjo. Aku suka jipang emping+emping medem (yg kecil2 itu loh). Teruuus, ada lanting, alen-alen, sale pisang, dll.

** Bahasa yg dipakai: Banyumasan, terutama sebelah barat Kota Kebumen. Makin ke timur, makin campur ama logat Yogya. Percaya atau kagak, aku gak bisa bahasa banyumasan dg benar. Masa2 sekolah di SMA (di Kota Kebumen) sering jadi ledekan temen2, karena logatku yg lebih condong ke Yogya. Hua... :(

** Produk terkenal: apalagih kalo bukan genteng soka. Hehehe :p Nah, kalo lewat jalur selatan, begitu keliatan berjajar pabrik genteng soka, plus banyak tungku buat mbakar genteng, berarti Anda telah masuk Kota Kebumen. Hahahaha :D

Demikian, sekilas tentang kotaku.

Nah, dalam rangka Lebaran... izinkanlah daku atas nama keluarga (lah, formil amat!), mengucapkan:

Taqabbalallahu minnaa wa minkum

Mohon Maaf Lahir dan Batin

Sungguh, mungkin selama ini banyak kata, banyak omongan yang tanpa sengaja menyakitkan hati, tulunk... dimaafkan. Saya tahu, memaafkan, apalagi untuk sesuatu yg terlalu melukai, itu sangat susah. Tapi, berusahalah. Lapangkan hati... berusaha jadi insan yang bener2 "bersih". Memaafkan.... :(

Eh, itu termasuk buat aku juga loh. Aku jg mrasakan, suliiit... sekali memaafkan sesuatu hal yang bener2 membuat hati terluka, membekas, bahkan sampai bertahun-tahun. Dan saya berharap, tahun ini, Lebaran kali ini, saya bisa belajar memaafkan dengan tulus. Semoga!

Sumber: wikipedia, poto: google

15 comments:

bibipbondry said...

wah akhirnya mudik nih nikki ^o^....
Selamat Hari Raya Idul Fitri ya...
taqqoballuhu minna wa minkum, mohon maaf lahir bathin buat m.retma dan seluruh keluarga.

Bunda Radit said...

Syukurlah 'Jeng. Akhirnya dirimu jadih juga Mudik :))

Kami sekeluarga juga mengucapkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1427 H
Maaf Lahir Bathin Bila ada salah yg
Terlupa selama Qta Berblog Ria.

Bunda Reva said...

wuah... dapet cuti juga akhirnya :D

selamat idul fitri ya.
taqabbalallahu minna wa minkum.
mohon maaf lahir dan batin.

met mudik ke kebumen.
aku sih tau kebumen sebatas cuma lewat doang kalo mau ke jogja hehe.
yg paling kuinget tuh lampu2 jalannya ada hiasan burungnya hehe.

kenyosukma said...

Met Idul Fitri juga, maap lahir batin, selamat mudik, jangan lupa oleh2nya, he...he...he...!!!

matahari said...

sami-sami, mbak. ingkang timur inggih mboten sakedhik kalepatanipun. sedaya lepat nyuwun gunging pangapunten saha gungging samudra pangaksami.

libur wonten ing kantoripun panjengengan kok mboten jelas, toh? dados bingung menawi badhe mudik.

Haning & Lovhana said...

Selamat mudik ya..

Kami sekeluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1427 H, mohon maaf lahir batin :)

Ophi said...

Wadaahhhh lengkap sekaleee penjelasannya ibu bupatiiii kebumennn heuheuheu

selamat mudik yeee titidjdedidores

novira said...

Buat mbak Retma sekeluarga met lebaran yeee..Asikkk akhirnya bisa mudik!! jgn lupa oleh2nya yah..heheheh

Ira sekeluarga juga mo minta maaf lahir batin yaaa..

Fernando said...

mohon maaf lahir batin.
titip jenang dong.. :D

roro said...

waduw itu logo kebumen keren, hehehe... tau ret.. gw tau kebumen kok, kan belajar IPS, lagian ada di peta kok :)

ok deh, selamat mudik, hati2 ya say :) peyuk2 niki

selamat idul fitri mohon maaf lahir batin ya, kali2 banyak yang ngeselinnya selama kenal :)

sehat semua yaaa...

erfi said...

Syukurlah akhirnya bisa mudik juga ya Ret :), ditunggu cerita mudiknya.

Met lebaran ya Ret, mohon maaf lahir dan bathin. Salam untuk keluarga.

Rahmi Sukma said...

Oalaaaaah akhirnya doamu terkabul toh Jeng.... Brarti smsku basi duuuunk. hi...hi..
Selamat Mudik... Selamat Lebaran. Mohon maap lahir dan bathin....

bang Alip said...

Duh Asiknya yang Mudik..., oleh2nya jangan lupa yach. Selamat lebaran yach, mohon maaf lahir dan batin dari bang Alip dan keluarga

luigi said...

Wah senengnya bisa mudik lebaran tahun ini... selamat hari raya buat retma 7 keluarga yah.. salam hangat dari negeri si bau kelek, aku gak bsia mudik kampung kali ini...

Sedih bgt deh.. disini suasananya bedaa sekali...

usaha laundry said...

usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry