Friday, October 19, 2007

The Power of Mudiks....

Kenapa harus mudik? Kenapa dibela-belain mudik? Selain untuk sungkem ke orangtua, ziarah ke makam bapak dan keluarga, juga banyak hal yang memang patut untuk dibela-belain mudik. Meski harus 24 jam berada di jalan! **fiuh...**

Perjalanan
Berangkat dr rumah tanggal 11 Oktober, seabis sholat subuh. Hueee... bayangkan capeknya. Malemnya aku masih ngantor. Tidur bentaaaaar... banget. Langsung bangun buat siap2. Masak air buat mandiin Nikki, dll. Akhirnya begitu sel
esai sholat subuh, langsung cabut. Tapi ternyata... olala!!! Baru masu tol di Bekasi sudah terhadang macet. Argh!!!!!!!! Mana si Tari mabok. Ihikz. :(
Gak bisa tidur, tentu saja, karena aku bertugas jd navigator mas (ceilaaa...). Jd sepanjang perjalanan melototi peta jalur mudik. Hahaha :D
Jalanan kayak apaan ajah. Sepanjang jalur pantura macet beraaatz... Rasanya muales banget. Mana kan puanasnya minta ampyuuuun. Jd AC kayak gak berasa gituw. Berhenti di Tol Cikampek. Di Pom bensin yang mengklaim jd yang terbesar di Asia Tenggara ituw loh. Emang enak tempatnya. Tapi Astagfirullah.... mo ke toilet ajah antrenya berapa meter. Tapi terpaksa. Lah, ibu hamil mana mungkin bisa nahan2 pipis. Lagi antri2 begitu, tau2 gerai KFC di sebelah ngeluarin suara mendesis keras banget kayak gas gituw. Huaaa... keadaan langsung berantakan. Orang2 di dalam gerai yang berjubel langsung lari keluar. Meja, kursi berantakan. Anak2 nangis, orang2 yang mo antre ke toilet pada bubar. Satpam2 langsung pada dateng tuh. Tapi Alhamdulillah... gak terjadi apa-apa.
Mampir ke gerai Holland Bakery, nyaris sesuatu buat Nikki. Busyet daaaah... semua raknya kosoooooong! :( Akhirnya lanjut lagih, bermacet-macet ria.

Dzuhur, kami berhenti di masjid buat sholat, makan (gak puasaaa... hehehe), ama istirahat. Huah... menghirup udara yang lumayan. Gak terbebani macet. Dah puas istirahat, jalan lagih. Belon lama jalanan lancar... argh!! Macet lagih. Sore... bayangin. Baru sampe mana coba? baru sampe Losari. Huhuhuh.. pengen nangis deh. Harusnya kan sore dah sampe rumah.
Tapi yaaa.... lumayan lah. Sore2 gini lihat sebelah kiri. Perahu2 nelayan yang lagi parkir, ombak di pantai yang kecil2 (jauh benerrrr... ama laut selatan), lautan yang lumayan tenang. Fiuh!!!

Nekat
Malem. Dah mulai hopeless. Jalanan masih saja tersendat. Dah gituw, segala tanda2 jalan mulai aneh. Belokan2 yang menunjukkan jalan alternatif malah ditutup. Argh!!! Kita bukan orang yang "kenal" jalan inih. Mana kan kalo mudik biasanya naek bis/travel yang jalannya laen. Akhirnya Mas+aku berkeputusan: NEKAT. Hahaha :D Kita ikutan ajah mobil2 yang berplat B atau berplat R, atau berplat daerah2 timur kayak AB. Kekekeke ^_^

Di daerah Losari, Jateng (bukan yang Cirebon), akhirnya kebingunganlah kita. Belok ke kanannya di mana yah? Hueee... tiba2 ada mobil berplat B yang puter balik. Ngikutlah kita. Teruuuus, mobil ini ngambil jalur alternatif. Kita ngikutin di belakang mobil itu sambil deg-degan. Soalnya jalannya asli sepi banget dan cuman ada kita ama mobil itu. Tapi kata Mas: "Kayaknya mobil ini dah hapal jalan deh. Kita ikuti ajah. Hoiiii... jangan kenceng2 nyetirnya..." (mobil itu tiba2 agak ngebut karena jalanan sepi). Oke... di depan ada papan nama belok ke kiri yang menunjukkan arah ke Yogya. Yipppiii... berarti bener duong.
Dah seneng... tauk2 mobil yang kita ikuti berhenti!! Paniklah kita. Akhirnya ikutan berhenti. Huahaha ^_^ Habis kan kita gak tau jalan. Lagi bingung kayak gitu, tau2... lewatlah mobil laen yang berplat B. Okeeeey, mari kita ikuti mobil ituh. Langsung tancap gas, ngikutin mobil itu, dan Yipppiiii... berhasil, berhasil!! Keluar ke jalan utama. :p Nekat? iyaaaah.
Macet 10 kilo
Penuh perjuangan. Berkali-kali berhenti lagi. Di posko Djarum, di warung kopi, nungguin Mas yang istirahat dan tidur. Dan akhirnya... Alhamdulillah, sebelum adzan subuh kami sampai rumah.

Kata ibuku, pantesan aja.. gak sampe2 rumah wong katanya di radio macetnya nyampe 10 kilo. Wedew!!! Tnyata kita mudik pas puncaknya. Mas langsung masuk kamar, tidur, istirahat. Aku beres2 bentar... kok baru bentar banget dah pagi. Langsung siap2 mo sholat Ied. Argh!!! Waktu ndengerin khotbah jadi ngantuk abizzzz. :(
Lebaran
Karena kami Lebaran Jumat, tanggal 12, jd masih agak sepi. Selesai sholat Ied, makan, langsung ke ziarah ke makam bapak. Pulang, mulai berdatangan deh, itu para tamu.
Hue... ada yang lucu. Kan waktu itu aku minta maaf ke Mas di kamar gitu. Waktu kita lagi maaf-maafan, pelukan, Nikki masuk kamar. Hahaha ^_^ Liat ekspresinya lucu banget. "Sini Nikki... sini," dipanggil gitu, malah dia langsung keluar sambil nutup pintu. Huakakakaka ^_^

Sorenya, yaaa.. krn masih sepi, pergi ke makam mbah. Rombongan orang mo ziarah gak putus2 deh. Rameee... Bedanya, krn di desa, setiap ketemu selalu ada sapaan: "Baru dateng nih?" atau "Mengunjungi makam bapakmu ya?" atau "kapan pulang?" atau "dari makam mbah?" atau "Lah, ini anakmu to? Dah gede ya?'. Dan sepanjang perjalanan pulang, kalo lewat rumah2, sapaan ini selalu terdengar: "Mampirrrrrr... dah sampe sini kenapa gak mampir?" atau "Ayo masuk yu (maksudnya mbakyu, nyapa ibuku. Heheh), mampir sini. Kapan lagi ketemu?" atau "Sini mampir. Ayo dooong, masuk sini".
Huaaa... nikmat mana lagi yang kamu dustakan? ihikz. :( Saat berada di kota, kok sapaan2 itu terasa sangat ngangenin yah?
Malemnya, silaturahim ke rumah sodara. Ngeliat takbir keliling. Nikki mah dah "tewas" dr abis magrib. Langsung tidur pules bangeeeet. Kecapekan dia. ^_^

Paginya, dah mulai banyak tamu deh. Mulai keliling2. Tahun ini, karena Nikki dah mulai gede, dia dah bisa ngerasain gimana senengnya "berkeliling" ke rumah sodara ama tetangga. Dulu sih dia belon seseneng ituh. Tapi yaaa... yang agak malu-maluin, dia selalu makan. Kekekeke :p jd biasanya kami nungguin Nikki makan makanan kecil dulu. Argh!!! pokoknya begitu sampe rumah harus detoks. Makan sayur dan buahhhhh.

Hari berikutnya, ke Purworejo, ke rumah sodara2 Mas. Ke rumah Makde, nengokin rumah bapak, rumah Wiwin+Priyo (argh! Baru liat Marsya. Tnyata dah gede yah?). Sampe agak sore di Purworejo. Ngobrol ngalor ngidul... :p
Malemnya capek banget. Gak lama, abis magrib, langsung pada tidur. Pagi2, gerimis. Dah beberapa hari ini gerimis mlulu. Tapi gak lama sih. Akhirnya kami jalan2 ke stasiun deket rumah. Hm... asyik juga.
Siangnya, keluarga Mas dr Purworejo dateng ke rumah. ^_^ (kunjungan balik neh. Soalnya katanya Makde pengen ketemu ibuku). Yaa... gituw deh. Ngobrol2 lagi. Eh, enaknya Lebaran kayak gini yaaa! Ketemu semua sodara. Terusss, sorenya jalan2 ke Kebumen. Ngiterin alun-alun. Liat SMA. "Ini loh Mas... SMA-ku dulu." Hihih :D Kata Mas: "Heh? Kok kayaknya angker ya?" Halaaaaaah.....

Senengnya... senengnya. Kok kayaknya masih pengen lama2 di kampung yak. Balik ke Jakarta alhamdulillah gak macet. Sering2 berhenti. Mampir ke tempat adek ibuku di Losari. Tapi sampe Jakarta di Jakarta jam 8 malem. Alhamdulillah....

Mari mulai bernyanyi: Desa... ku yang kucinta.... ^_^




Poto yang atas, yang menurut Nikki adalah hutan... (dan dia berlagak seperti Dora lagi exploring), di perbukitan di Desa Babadsari, desanya mbah. Konon, memang dulunya hutan. Waktu pasukan Pangeran Diponegoro mundur, pasukannya membabat hutan untuk dijadikan perkampungan, dan jadilah nama Babadsari. ^_^

1 comment:

widie said...

Yah itulah mudik. Sedih kalo lebaran ngga ngumpul bareng sm keluarga. tapi kalo mudik ya risikonya hrs bercapek ria selama perjalanan yg pastinya semakin lama krn kena macetlah.

Asyik yaa...disela2 kebosanan bisa menikmatin pemandangan yg indah2 yaa...