Monday, December 14, 2009

Manasik Haji TK Madani

25 Nov 2009. Sehabis subuh Nikki dah dibangunin karena hari ini ada acara manasik haji buat anak TK. Dan jam 06.30 Nikki dah harus ada di skul. Euuuh.. pagi banget kan? Jangan tanya emaknya ngantuknya kayak apa karena baru pulang dari kantor jam 2! Hikz.
Jadi, begitulah. Akhirnya siap-siap, bawa bekal, bawa perlengkapan, dan dianter Papa sampe ke TK. Di depan TK bisnya dah menunggu. Tapi buat nyiapin anak-anak dan macem-macem, akhirnya baru berangkat sekitar jam 7. Dan Alhamdulillah, perjalanan lumayan lancar. Anak-anak ributnya minta ampun di bis. Tapi sama para bu guru diajakin nyanyi, dan ngapalin semua doa yang nanti bakalan dilakukan waktu manasik. Fiuuuh, sebenernya diriku sih pengen banget tidur, tapi ternyata gak bisa. Gak lama, udah sampe ke Masjid Istiqlal. Huuuaaaah... ternyata ratusan, atau ribuan, anak TK dah ada di sono.
 
Nikki bersama teman dan para guru
Begitu anak-anak turun dari bis, semua orangtua sibuk dengan kamera masing-masing. Hahaha. Termasuk emaknya Nikki tentu sajah. Poto, ngrekam video, dst sampe Nikki dan temen-temen sampe di pintu depan masjid, di mana semua pengantar gak diperbolehkan masuk. Yup! Berasa naek haji kan? Hehehe. Ada batas di mana pengantar boleh mengantar. Habis itu pasrah.. anak-anak hanya dengan para guru dan ribuan anak TK laennya.
 
Berbaris sebelum masuk masjid dan waktu manasik
Ngikutin ibu2 TK Madani yang laen, duduk di bawah tangga. Banyaaaak.. banget pengantar yang ada di sini. Tapi aku gak betah. Ngapain, gituw loh. Gak bisa liat apa-apa, malah cuman ngantuk doang. Akhirnya cari info, eh.. ternyata bisa liat anak-anak waktu melakukan manasik. Wah, seneng bener. Akhirnya ke bagian belakang masjid. Setelah bayar infaq Rp 25.000, dapat tanda pengenal, aku naek dewh.

Para orangtua yang nungguin anaknya
Wiiih, ternyata anak-anak masih panas-panasan dan acara belon dimulai. Tapi di sini dah banyaaaak.. banget orangtua yang nungguin. Akhirnya nunggu acara dimulai. Karena sendirian, akhirnya cuman ngobrol ama ibu2 dari TK laen, cekakak-cekikik gak jelas nginget semua persiapan yang dah kita lakuin dari pagi dan beberapa hari lalu buat acara inih. Dari nyari kaos kaki putih, bikin bekal, ngulang doa2, dst... Dan akhirnya acara dimulai! Duuuh, ngeliat anak-anak TK itu bener-bener terharu. Ib
u2 disebelahku berujar, "Duh, baru anaknya orang, aku dah terharu, pengen nangis. Palagi kalo liat anak sendiri yak." Dan ternyata memang benarrrr...! Ada rasa yang membuncah ngeliat anak kita melakukan manasik meski cuman latihan. :p
 
Masjid Istiqlal, tempat acara berlangsung
Ok
e, di sebelah situ ada batas buat para orangtua. Tapiii, begitu liat anaknya masing2, para ibu nekad, melintas garis batas, melompati batas, dan mendekati si anak sambil sibuk mendokumentasikan. Seorang ibu di depanku teriak sambil melambai-lambai: "Nak.. ini ibu. Ini ibu...". Euuuh, tadinya mikirnya kok gitu amat sih? Tapi begitu liat barisan Nikki masuk lapangan, aku tanpa sadar melakukan hal serupa. Wahahaha. Tapi cuman melintasi batas, dan tereak ke Nikki di antara ribuan anak TK: "Kakak...", sambil melambaikan tangan. Dan aaaaah, gak menyesal aku melintasi batas, gak menyesal aku sampe diusir petugas untuk mundur. Balasan dari lambaianku adalah: Nikki melihat ke arahku, dan sambil melambaikan tangan, dia tersenyum. Dan senyum ini... aduh, susah menggambarkan! Yang pasti, peristiwa itu, senyum itu, gak bakalan aku lupakan sepanjang hidupku. ^_^
 
Di Monas, istirahat
Selesai acara, gak langsung pulang. Setelah foto-foto, setelah istirahat, akhirnya perjalanan berlanjut ke... Monas! Di sini anak-anak istirahat, makan siang. Dan ternyata, banyaaaak.. banget anak-anak dan guru2 ke sini dari sekolah laen. Pulangnya, sepanjang jalan Nikki tidur, kecapekan. Hehehe.

Tips Manasik Haji Anak TK:
Anak-anak
1. Pastikan anak pagi dah pipis & pup. Sarapan kalo bisa. Aku bilang kalo bisa, karena kalo Nikki gak pernah bisa sarapan. Kalo sarapan pasti muntah
2. Bekali anak dengan botol minum yang ada tali, jadi selempangkan ajah di mereka, biar bisa dibawa2. Gak perlu gede-gede.
3. Pastikan semuanya dah dibawa: baju buat manasik, dan jangan lupa kaos kaki. Karena panasnya minta ampun. Kemaren liat ada anak yg gak pake kaos kaki. Kasihan banget lihatnya. Sampe jingkat2.
4. Pakaikan sunblock. Beneran, kalo dalam kasus Nikki, kulitnya bener-bener "terbakar" karena prosesnya lama dan bener2 "dijemur".
5. Siapkan bekal karena setelah acara mereka kelaparan. :) Kalo dah ada dr sekolah lebih enak. Tapi gak ada salahnya bawa makanan kecil atau minuman yang segar2.
6. Ajari anak kalo sampe tersesat/terpisah dari rombongan harus bagaimana. Kemaren ada beberapa anak yg terpisah dr rombongan looh.
7. Baju ganti buat pulang. Tisu basah+cologne biar mereka segar.
8. Gel pencuci tangan.

Orangtua:
1. Kalo bisa, usahakan pake busana muslim putih, jilbab putih, atau baju koko putih. Ini lebih gampang buat masuk-masuk ke dalam masjid. Dan juga... hihih. Kalo kita mau poto2 anak dalam jarak dekat gak gitu kliatan karena membaur. Jd petugasnya agak2 gak sadar. :p
2. Bawa kamera dooong.
3. Perlengkapan sholat. Kalo mungkin ada yang mau sholat duha...
4.Pastikan informasi & koordinasi dg sekolah. Kalo anak dah masuk ke area tempat latihan manasik haji, kan para pengantar dilarang ikut. Nah, pastikan kita nanti akan ngumpul di tempat mana, jam berapa.
5. Cari informasi yang jelas soal akses masuk ke area manasik anak2. Di Istiqlal, kita bisa masuk lewat pintu belakang. Di situ nanti ada petugas. Kalo kita mau naek ke area manasik, ada infaq sebesar Rp 25.000. Habis itu kita dikasih tanda pengenal, dan diperbolehkan melihat dalam jarak dekat. Tapi, gak ada salahnya tanya ke pihak sekolah, apakah bisa diurus oleh sekolah sekalian atau tidak. :)
6. Ehm, kayaknya itu ajah sih. Warning: kalo mau beli2, tanya dulu harganya yak. ;) Soalnya kebanyakan barang di situ harganya membengkak.

7 comments:

sikiky said...

Contoh mak durjana: nganterin anak manasik haji ngga dibawain botol minum *balik lagi ke rumah*

Kezia udah tanteee, sebelum idul adha, di mesjid Bani Umar Bintaro, dweuh tetep aja rameeee biar yang manasik-an anak2x TK Pondok Aren doank...
Dah gitu orang tua ngga bisa dampingin,*gw ngelayap dhe sama adeknya* :p

tukangecuprus said...

ckckckck..speechless baca komennya sikiky

tuteh said...

Waaaaa.. seru seru!
Di Ende manasik Haji-nya di lapangan Perse, bukan di masjid dan diikuti oleh hampir semua sekolah sederajat... jadi ruaaameee bwangeds :D

ei said...

hmmm... seru banget keknya
kebayang penuhnya anak2 plus orang tua yg nunggu ... :)

tuteh said...

Happy early NEW YEAR 2010!
welcome the new day full of smiles and hope,
Wish the world of blogger still victorious,
More friendship and brotherhood,
Wish all the best for us,
Happy, happy, happy new year 2010!
SELAMAT TAHUN BARU 2010!

-tuteh-

nanik said...

waahhh heboh nian cerita manasik haji-nya nikki...kebayang mbak retma ikutan heboh dengan mata ngantukkk pulang dr kantor dini hari....:))

Bunda RaRa said...

si abang manasiknya hari kerja dan ga di temenin ama bunda *gak boleh* jadi aku ga punya foto2 pas di TKP .. hiks ..