Tuesday, November 30, 2010

Orang-orang Itu...

Hmfh! dari kemaren2 mau posting kok rasanya gak sempet2. Kalo lagi nunggu omprengan jalan pas pulang kerja, banyak banget yg mau ditulisin, berseliweran dalam kepala. Tapi begitu sampe rumah, sampe kantor, malez banget! :-)

Orang-orang itu...!!! Ini orang-orang yang aku temui kalo pas diriku ngompreng. Iya, selalu banyak cerita di omprengan dan angkutan umum.

Td malem, diriku sampe sesak nafas rasanya. Ngeliat mereka bertiga. Seorang bapak yang kurus dan batuk-batuk terus, anak cewek yang mungkin berumur 10 tahun, dan seorang anak laki-laki yang kira-kira berumur 8 tahun. Mereka baru pulang ngamen.

Si bapak menggendong anak laki-lakinya yang dah tertidur. Dan si anak cewek juga dah ngantuk parah. Oh, oh! Dan begitulah. Kalo kemaleman, pasti di Cawang dah gak ada bus. Adanya cuman omprengan. Dan, percayalah... di Jakarta, masih ada orang2 baik.

Si bapak bingung mau pulang. Karena paling tidak dia harus ngeluarin Rp 12.000 untuk sampe Bekasi. Dan akhirnya, si sopir omprengan menyuruh bapak itu naik ajah. "Naik aja, pak. Gak pa-pa." Dan ya, mereka bertiga, sampe Bekasi, diperbolehkan hanya bayar Rp 5.000.

Tentu saja diriku merasa sesak nafas. Pengen nangis. Uang Rp 5.000 buat diriku kadang cuman buat jajan doang, kadang cuman buat ngojek "ke situ" doang, dst. :-(

Tahu tidak? Setiap kali naek angkutan umum, baik siang, malam, diriku merasa selalu "diingatkan". Aku tidak bicara soal para pengamen atau apalah yang lagi "bekerja" di atas bus. Tapi aku sering ngeliat bagian diri mereka saat mereka sedang tidak "bekerja".

Saat mereka sedang berjuang untuk hidup...

Oh, ya. Setiap kali nunggu bus di Bekasi Barat, gak sadar diriku selalu tersenyum ngeliat Kiki, anak balita yang "berkeliaran" di halte bus itu. Umurnya mungkin sekitar 1,5 tahun. Dia bersama ibu dan 2 kakaknya, selalu ada di halte itu. Meski kulitnya dah terbakar matahari, dan (seperti hari ini) dia pilek dan berleleran ke mana-mana, tingkahnya selalu bikin orang senyum2.

"Ki... sini, jangan ke tengah2 (jalan)!" Teriakan itu sering banget keluar dr orang2 di situ yang mengenalnya. Para pengamen, timer, tukang koran, tukang minuman, dst!

Ah....

No comments: