Friday, October 07, 2011

Mudik & Lebaran 2011

Horeeee.... alhamdulillah, tahun ini kami berkesempatan mudik. Kami mudik berempat doang. Betul, siapa lagi kalo bukan emaknya anak-anak, bapaknya anak-anak, Nikki, dan Kira. Dan alhamdulillah, tahun ini kami "hanya" menempuh 19 jam perjalanan untuk sampe kampung. Hahaha. Jangan salah... 2 tahun lalu kami 28 jam di jalan. Mabox, mabox deh.


Eh, ya. Kali ini kami pasang video. Itu takbir keliling pake obor di jalanan kampung yang selalu bikin diriku rindu pulang pas Lebaran. Kalo di Jakarta, mana ada, takbir keliling pake obor, ya kan? Pas malam takbiran, biasanya dari masjid mana, atau anak sekolah, keliling dan bertakbir dengan membawa obor. Yup! Emaknya Kira juga pernah menjalani ini waktu masih SMP. ^_^


Selama perjalanan, karena Kira susah makan, alhasil muntah beberapa kali. Hiks. Padahal kalo dah keisi ajah tuh perut, dia gak bakalan muntah. Yah, namanya anak-anak yak.
Subuh, di salah satu tempat untuk istirahat
Awal-awal jalan, kondisi jalanan lumayan. Lancaaaar... sampe tiba di daerah Bumiayu. Alamak jan! Macetnya gak ketulungan. Sudah! Cuman di daerah itu doang macetnya. Karena kami bawa anak-anak, jadinya kami juga sering berhenti biar mereka gak bosen di mobil.
Pagi yang berkabut
Nikki, yang tahun ini dah kelas 2 SD, puasanya bisa penuh loh. Bahkan selama mudik pun, dia tetep puasa. Tadinya kami kuatir, pengennya sih gak puasa dulu. Tapi dia mau nerusin puasa, dan alhamdulillah... Kakak bisa puasa sebulan penuh. Hurray!
Yang dah kecapekan di jalan
Kami sempat berhenti lumayan lama di Pondok Pesantren Darussalam buat sholat, buka puasa, dan "ngumbar" anak-anak. Karena sudah masuk daerah pantura, dengan angin dari pantai, magrib itu hawanya rasanya gak enak banget. @_@ Setelah-setelah itu kami cuman berhenti sebentar-bentar doang sampe waktu sahur. Sehabis sahur, sholat subuh, nungguin Papa yang tidur sebentar karena kecapekan nyetir. :p
Takbir keliling
Alhamdulillah... kami sampe rumah dengan selamat. Lebaran tahun ini ada dua versi. Tapi yah, karena rumah diriku di Kauman, yang berarti banyak fasilitas & lingkungan Muhammadiyah, jadi kami lebaran tanggal 30.
Tempat latihan pacuan kuda, @Ambal, Kebumen
Hari berikutnya, lebaran kedua, kami ke Purworejo, ke tempat Makde dan sodara2 Papa. Lumayan lama juga di situ. Sorenya, kami nerusin ke Jogja. Yeah...!! dah lama banget gak nengokin Jogja. Sayangnya dah malem. Jadi kami gak muter jauh2. Cuman seputaran alun-alun doang.
Pacuan kuda di Ambal, Kebumen
Berlatih untuk kejuaraan
Hari berikutnya, takut anak-anak bosen, pagi-pagi kami menuju ke laut Ambal. Sebelum sampe ke laut nengokin dulu ke tempat pacuan kuda. Yup! kalo Lebaran, di sini selalu ada kejuaraan pacuan kuda se- Jawa-Bali. Jadi nongkrong ngeliatin kuda-kuda yang lagi latihan deh.
Pantai Ambal, Kebumen
Agak siang, baru kami nyebur ke laut. Anak-anak seneng banget. Jujurly, baru kali ini mereka merasakan ombak laut selatan yang gede-gede dan tinggi itu. Kan selama ini seringnya cuman ke Ancol doang yang ombaknya cuman riak. :p
Ombak laut selatan
Anak-anak seneng banget, terutama Kira. Dia dimasukin ke lubang dan dikasih pasir sama Papa. Hahaha. Lucu bangetttt... Airnya masih dingin, jadi gak lama bibir Kira dah mulai biru. Naek, bilas-bilas, nyemplung ke kolam dan maen2. @_@ Akhirnya sekitar jam 9 kita baru balik ke rumah. Udaranya enakkkkk...
Siang pun tetap berkabut



2 comments:

Ragil Duta said...

ENAK BANGET SIH BISA MUDIK <-- maaf caps lock otomatis, maklum dari blog baru :D

Lidya - Mama Pascal said...

walaupun lama diperjalannya tapimenyenangkan bisa mudik ya