Wednesday, March 14, 2012

Apdet SIM

Karena saya baru berulang tahun (cieee....), hal itu berdampak ke habisnya masa berlaku SIM saya. Nah, karena KTP pun masih baru (iyaaa... sekarang KTP Bekasi), agak deg-degan juga nih. Bisa gak diurus2 di Jakarta. :D

Jadi hari ini, dengan semangat 45, setelah hari sebelumnya gagal, saya berangkat ke PGC (Pusat Grosir Cililitan). Bukan buat belanja pastinya (eh, belanja juga ding), tapi buat memperpanjang SIM.

Di PGC ini di Lantai A (yang berarti lantai 7), ada Gerai Samsat. Jadi bisa tuh urus2 ke sini kalo mau memperpanjang SIM atau ngurus2 STNK. Tempatnya itu di paling atas gedung, di atap, deket sama masjid & warung-warung makan.

Nah, kalo mau ngurus ke sini, ini yang harus diperhatikan:
1. Naek lift, langsung ke Lantai A (Lantai 7). Jangan pake eskalator, meski lebih cepet, tapi nantinya mentok sampe parkiran doang. :p

2. Siapkan fotokopi KTP dan SIM. Kalo gak ada bisa fotokopi di situ, tapi lumayan mahal sih ya. Selembar Rp 1.000

3. Begitu masuk, langsung ambil formulir. Kalo STNK di loket2 bagian kanan, kalo memperpanjang SIM di ruangan paling kiri (ujung). Minta formulir sama petugas, terus isi di luar. Di luar dah ada contekan gimana2 cara ngisinya. :D

4. Kalo dah beres, kasih ke petugasnya. Tunggu bentar doang. Gak lama pasti dipanggil kok.

5. Setelah dipanggil kita tinggal scan sidik jari, tanda tangan, foto deh. Yang paling gak saya suka di tempat2 begini, termasuk tempat pembuatan SIM di Daan Mogot sana, gak ada tempat buat dandan kek di tempat2 foto itu. Mbok yaaaa... setidaknya kasih gitu cermin atau apa lah. Pantesiiiin, foto2 SIM gak pernah bagus. :)) --> atau memang faktor orangnya? Kqkqkq.

6. Tunggu bentar, SIM langsung jadi. Tinggal bayar deh. Ntar kita dapat SIM kita dan kartu asuransi.

7. Laminating: Kalo mau di-laminating (anti gores), mereka juga menyediakan. Satu SIM itu biayanya Rp 5.000.

8. Biaya: tadi saya memperpanjang SIM A dan  SIM C itu semuanya Rp 255.000. Gak ada perincian. Pokoknya diminta segitu. Lebih baik siapkan uang cash yak. Di situ adanya ATM Bank DKI doang. Kalo ATM laen, silakan turun dulu ke pertokoan.

9. Jam operasional: Jam 08.00-14.00. Tapi harap diinget, berkas terakhir masuk jam 13.30. Jadi stelah setengah 2, pasti ada tulisan TUTUP. Pokoknya jam 14.00 itu semua dah beres deh. Kalo mau dateng pagi, karena pertokoan buka jam 10.00, gunakan lift barang yang ada di dekat gerai McDonald's. 

10. Laen-laen: Kalo habis itu mau belanja2, silakaaaaan.... kalo mau makan2, dan habis itu sekalian mau naek busway, silakan ke Lantai G, lewat Halte Walk. Di situ ada terminal busway dan banyak tempat makan.


Gampang kan, kan? Semua proses apdet SIM itu kayaknya gak nyampe 10 menit deh. Cepet bangetttt. :D Eh, iya. Karena dulunya saya bikin SIM di Jakarta, jadi meski sekarang KTP Bekasi punya, teteb bisa loooh.

4 comments:

Ita said...

Emang enak ya sekarang ini, udah banyak kepraktisan yg didapat :)
Jadi acara beginian kagak pake bete karna kudu antri dan berpanas2 ria :p
Btw selamat ulang tahuunnn. Hehehhee telat yeee :p
Gpp lah, daripada nggak sama sekali :p
Sehat selalu ya jeng :)

azo Lucky said...

mohon informasinya, saya sim C jakarta tetapi KTP bekasi apakah bisa diurus perpanjangan sim c di gerai PGC dengan berbeda alamat.. jika bisa.. nanti alamat yang tetera di sim C yang baru, apakah alamat data yang lama(jakarta) atau alamat ktp (bekasi)? mohon dibalas..

retma-haripahargio said...

Bisa. Saya kasusnya begitu sih. Sim Jakarta, KTP Bekasi. Alamat yg tertera di SIM jdnya alamat Bekasi.

Marhani Rhani said...

Klo hari sabtu sm minggu buka ga ya??
Mohon infonya,,makasi bnyak ya