Friday, March 30, 2012

Pembagian untuk Anak SD

Postingan kali ini, memenuhi permintaan Lidya. Dan ini cuma catatan emak-emak yang berusaha mengenalkan/mengajari pembagian ke anaknya. Alhamdulillah... UTS kemaren Nikki untuk Math dapat nilai 9,5 (Gleks! Baru kali ini saya nyebut2 nilai anak di blog. Bukan bermaksud pamer loh yak). ;)

1. Pengenalan konsep membagi
Ini awal-awal banget ngenalin konsep pembagian. Untuk mengenalkan apa itu pembagian, manfaatin semua barang yang ada, seperti: Buku, pensil, biskuit, permen, dst.
Yang saya lakukan: 
"Mama punya 6 pensil, kalo misalnya mau dibagiin ke Mama, Nikki, Kira, jadi masing-masing dapat berapa?"
Bagi satu per satu pensil. Ulangi untuk benda-benda yang laen. :p
Setelah anak tahu apa maksudnya pembagian itu, naik step ke berikutnya. Hehehe.

2. Pembagian sederhana
Ini konsep yang ada di buku-buku zaman sekarang.
Soal (1) 
Berapa hasil dari 12 : 3? Jawab: 12-3-3-3-3
Terangkan bahwa bilangan dikurangi pembagi sampai hasilnya 0 (nol). Setelah itu hitung berapa bilangan pembagi itu. Untuk soal di atas, bilangan pembagi (3) berjumlah 4, sehingga 12 : 3 = 4.
Versi saya:

12
  3
___ -
  9
  3
___ -
  6
  3
___ -
  3
  3
___ -
  0

Hitung jumlah angka 3 dalam pengurangan tersebut. Dari penjabaran di atas dapat diketahui bahwa: 12 : 3 = 4.

Soal (2)
Berapa hasil dari 15 : 5? 
Jawab:
15
  5
___ -
10
  5
___ -
  5
  5
___ -
  0

Hitung angka 5 di atas. Jadi, 15 : 5 = 3.

3. Pembagian ala porogapit
Pertama, usahakan ada tabel perkalian. Yang penting diingat adalah: sebelum anak memahami cara membagi, gak usah langsung tanya2 soal perkalian hasil hafalan mereka. Biarkan mereka fokus dulu ke "bagaimana cara membagi". :)

Ini pembagian yang saya ajarkan ke Nikki dan step2nya:
Soal:
Pertama, bilang ke anak bahwa untuk soal di atas, perkalian yang harus dilihat/diingat adalah perkalian 3 (lingkari angka 3 di atas).

Step berikutnya: Tanyakan, apakah di perkalian 3 ada angka 7? (lihat tabel perkalian 3 bareng2). Kalo dia menjawab tidak ada, tanyakan: Manakah yang paling dekat? Kalau dia menjawab 6, tanyakan: Jadi perkalian 3 yang paling dekat dengan angka 7 adalah 3 kali berapa? Kalo dia jawab 2, tulis begini: 
Selalu tekankan bahwa yang harus diingat adalah perkalian 3!  Langkah berikutnya ada di sini. Ulangi untuk soal lain, dan selalu tekankan bahwa bilangan pembagi adalah bilangan yang harus diingat perkaliannya (liat tabel aja dulu).
Kalau dah mulai ngerti, baru pake hasil hafalan perkalian mereka.

Sekiaaaaan... kalau pembagian dengan campuran tambahan atau pengurangan, nanti2 lagi deh. Gutlak yah emak2. :D

8 comments:

Lidya - Mama Pascal said...

harus aku ulang-ulang dulu nih cara mengajarkannya mbak, udah malam kali ya jadi agak kurang mudeng hehehe. tapi thanks banget loh tipsnya. nanti aku praktekkan ya.
Nilainya begus banget, itu bukan pamer kok jadi semangat aku supaya bisa ngajarin pascal juga

retma-haripahargio said...

Dah aku revisi ya say. Hehehe. Gutlak.

Linda said...

wah hebat pantes nih mbk jadi guru matematika ;) linda paling gak bisa menjelaskan step2 matematika bisanya corat coret langsung

ELBY USA said...

kak aku mau tanya dong,jika pertanyaannya beda gimana??
misalnya :

87 : 58
45 : 458
548 : 875
548 : 6587
8745 : 2548

gimana tuh kak ??

retma-haripahargio said...
This comment has been removed by the author.
retma-haripahargio said...

@Elby: sori, dear... diposting di sini jadi berantakan. Ada email-kah? Aku kirim via email aja biar rapi.

retma-haripahargio said...

Memangnya SD sudah ada pembagian gitu ya? **thinking**

Kalo memang ada, ya... pake yang nomer 3 itu, yang porogapit. Prinsipnya sama kok. ;)

Aku kerjain soal pertama dari kamu ya --> 87 : 58. Caranya:


----------> 1,5 (f)
87
58 (a)
----- -
290 (b)
290 (c)
----- -
0 (d)

Ket:
a. Ingat, dengan soal spt itu, perkalian yang hrs diingat adalah 58! Karena 87, yang paling dekat adalah dikalikan 1, jadi mendapat 58 (di atas tulis angka 1, bawah 58).

b. Hasilnya adalah 87-58 = 29. Nah, karena 29 tidak bisa dibagi 58, kamu kalikan 10 (290). Kalo kamu kalikan 10, atas kamu kasih tanda koma (desimal)

c. Perkalian 58 yang jumlahnya 290 adalah 58 x 5. Jadi, atas kamu tulis 5, bawah kamu tulis 290.

d. Hasilnya udah 0.
f. Tadaaa.... jadi, 87 : 58 = 1,5.

Sudah mudeng belooon? Hahaha.

kalkulator dakon said...

ada kok pembagian bersusun NON POROGAPIT silahkan dipelajari pada: http://kalkulatordakon.wordpress.com/2012/09/29/3