Sunday, July 15, 2012

Hari Terakhir di Rumah Kepik

Tema pertunjukan akhir tahun ajaran: Save Our Planet
Tanggal 15 Juni  (yang artinya sebulan lalu), merupakan hari terakhir Akira di Rumah Kepik, Bekasi. Yup! Akira selesai bersekolah playgroup setelah setahun ini belajar di Rumah Kepik.
Pesan-pesan untuk bumi yang lebih baik. Love it!

Anak-anak toddler. Ceritanya jadi binatang
Nah, seperti biasanya, kalo di Rumah Kepik ada pentas, emak-emaknya inilah yang pusing nyari kostum. Untuk kegiatan tutup tahun ajaran ini, Kira jadi apa coba? tebak-tebak... monkey!!! Hahaha. Awalnya, Kira yang gak pede gitu jadi monkey. Soalnya teman-temannya jadi binatang yang cantek-cantek. :p
Anak-anak TK jadi kupu-kupu
Jadilah emaknya Kira ini menerangkan ke anaknya bahwa monkey adalah binatang yang cukup cerdas dan pintar. Bahwa monkey adalah binatang yang "mendekati" manusia. Dan bla-bla-bla yang laen. Dan, tadaaaaaa... kemudian anaknya cukup pede untuk menjadi monkey yang lucu. :D

Anak-anak TK B
Boook, perjuangan mencari "kostum" monkey itu yang kek dah mau berjuang hidup-mati. Emak-emak satu ini keluyuran dari mal ke mal, dari pasar tradisional ke pastrad yang laen, ke lapak-lapak pinggir jalan, ke pusat grosir, sampe jembatan penyeberangan! Hasilnya? Dari atas sampe bawah gak ada yang satu warna!!!! :( Eh, tapi emaknya cukup kreatif dong. Kostum monkey Kira sekarang diubah jadi baju buat ngaji di TPA. :p
Kira (kanan). See? Dia monkey yang happy
Secara keseluruhan, acaranya lumayan panjang. Apalagi buat emak-emak satu ini, rasanya dah berabad-abad buat lihat Kira. Mas apalagi. Dia tanya-tanya meluluk: "Kira kapan sih?" Yoi. Mas cuti khusus buat hari ini. Ternyata, Kira tampil di akhir-akhir. Yah, mau gimana lagih. Kan ini acara perpisahan buat anak TK. Jadi yang banyak tampil anak TK. Anak playgroup cuman pelengkap. ;)
Kira teteb senyum krn cerita2 emaknya. Pede jd monkey.
Selesai pentas, ada kejutan!!! Om Adit datang. Hurray. Ini guru favorit Kira selama di playgroup. Bahkan setelah Om Adit gak ngajar lagi, Kira maksa kakaknya buat ganti nama jadi Adit! Bayangkan... **elap-elap keringet** Sayangnya, karena anak satu ini dah bete, panas, dia gak mau difoto bareng Om Adit. Pdhl emaknya dah semangat mengabadikan Kira dengan guru favoritnya.
Kira, di antara teman-teman
Tahun ajaran baru nanti, Kira dah gak bersekolah di Rumah Kepik lagi. Kenapa? Karena sudah TK, maka dicarilah TK yang berbasis agama buat Kira. Jadi, buat TK nanti, Kira resmi jadi siswa TK Islam Madani, sama kayak kakaknya dulu.
Kira dan para tante
Jadi buat para tante di Rumah Kepik (dan Om Adit tentu sajah) terima kasih atas satu tahun ini, selama Kira di playgroup. :) Love you all...

Thursday, July 12, 2012

Tepar Jilid 2

Ha... gegara dirikuh ini tepar dst dst, postingan kenapa jadi dikit banget yak? **sok rajin**
Jadi, setelah 2 minggu harus bedrest, kegiatan kantor-mengantor dah dimulai lagih.

Selama 2 minggu itu sih pengennya dirikuh setidaknya bisa jalan-jalan ke Eropah **ngimpi** Tapi apa daya, 4 hari diantaranya pun dirikuh ini diharuskan ngendon di Middle Earth rumah sakit. Positif tifus. Yang dari hasil tes widal, tadinya itu bakteri Salmonella ada 3, terakhir2 meningkat jadi 6 atau 7 macem. Rasanya? Ah... kayak tiba-tiba diserbu ribuan panah pasukan Orc.

Yang gak nahan itu sakit kepalanya. Akhirnya, melihat penderitaan dirikuh ini, dokter yang menangani memanggil Legolas dan Aragorn dokter saraf. Hasilnya? Ah, saya masih waras kok, eh... maksudnya, gak ada apa-apa. Semua itu emang efek dari penyakit tifus. Terus kesimpulannya? makanan di rumah sakit kagak enak! (loh?)

Kenapa bisa tifus? Kalok soal kebersihan makanan sih enggak la yauw. Secara dirikuh ini sok rajin, selalu bawa bekal dari rumah. Tapi masalahnya, terakhir-terakhir sebelum tepar itu kegiatan diriku ampun-ampunan dan makan pun berantakan. Ngurus ini-itu, ditambah kursus, ditambah futsal (yes... saya maen futsal!), ditambah macem-macem, akhirnya dirikuh ini drop jugak. Vitamin? lupa minum. Makan? Hari terakhir sebelum tepar itu, emak-emak ini baru ketemu nasi pas magrib di kantor! :(
Biar kagak dibilang hoax, pasang potonyah!
Fiuh. Sekarang masih dalam tahap pemulihan. Belon 100% oke sih, tapi ya, lumayan lah. Masih lemes iya. Percayalah, sakit tifus itu kagak enak. Yang pasti, tiap sore itu demam, pun kalok pagi. Kalok siang sih gak gitu2 amat, kecuali sakit kepala yang nyeriiiiii... banget kek ditusuk2. Kata dokter sih, dirikuh ini harus jaga diri jangan sampe yang kecapekan banget gituw deh.


Foto by: mas ari

Jambore Si Bolang 2012

Mengisi liburan sekolah tahun ini, Nikki ikutan kegiatan Jambore Si Bolang lagi. Setelah tahun lalu juga ikutan, ternyata Nikki tahun ini masih pengen ikutan jugak. Awalnya sih, alasan dia: "Mama, aku pengen ketemu temenku, Audi (temen waktu Si Bolang tahun lalu)." Tapi ternyata, tahun ini dia gak ketemu Audi lagi. :D Meski gak ketemu Audi, Nikki punya teman baru tahun ini.
Siap-siap mau berangkat
Nikki menuju bus
Jambore Si Bolang tahun ini, 7-8 Juli 2012, saya gak ikut nganter Nikki karena masih tepar. Jadi gak nganter ke Trans7, apalagi ke Camp Hulu Cai, Ciawi, tempat Jambore Si Bolang berlangsung. Tapi Nikki beberapa hari menjelang jambore sudah semangat banget. :)
Bersama teman baru, Abyan :)
Di depan tenda
Karena kegiatan jambore kali ini beda dengan tahun lalu, jadi harus nerang-nerangin ke Nikki apa aja kegiatannya. Tahun ini ada flying fox, yang kata Mas, yang ikut sampe Camp Hulu Cai, lumayan serius. Tapi Nikki mau ikutan jugak, secara emaknya sebelumnya dah bilang: "Nanti Kak, kalo flying fox, kalo tinggi, rasain deh. Begitu itu rasanya jadi Superman, Batman, atau Spiderman." **trik ala emak-emak** Hasilnya: anaknya oke2 ajah.
Foto bersama teman-teman baru
Kelompok Gajah
Tahun ini Nikki masuk dalam Kelompok Gajah, yang katanya termasuk mungil-mungil dibandingkan kelompok laen. Yup! Nikki baru mau naek kelas III, dan umurnya yaaaaah... kurang-kurang dikit dari yang disyaratkan lah. :p Jambore tahun ini menurut emaknya Nikki lebih baek. Anak-anak gak perlu bawa sleeping bag, yang bikin berat ransel. Dan tenda-tendanya pun lebih oke dibandingkan tahun lalu.

Yang kurang, menurut emaknya Nikki, adalah pendamping. Kalo tahun lalu, pendamping kelompok Nikki bisa cerita detail anaknya kek apa, yang sekarang ditelpon jawabannya cuman secara umum: "Pokoknya melupakan masalah sekolah lah, Bu." Haiyaaaaaah...
Semua peserta Jambore Si Bolang 2012
Akira di lokasi perkemahan
Katanya, karena emaknya Nikki inih gak ikutan, masih ada yang nangis malam-malam minta pulang. Hahaha. Namanya anak-anak yak. Kemah sendiri, ngapa-ngapain sendiri, mungkin ada yang shocked. Kegiatan tahun ini sih, kalo liat dari run down acara: ada api unggun, menangkap ikan, jalan-jalan (hiking) ke persawahan dan pusat budidaya jamur, flying fox, cargo nett, two line bridge, rakit race, egrang, bedil jepret, dan banyak lagih. 

Masih seperti tahun lalu, Mas ngikut ke lokasi perkemahan jambore. Apalagi tahun ini emaknya Nikki gak bisa lihat karena tepar, jadi harus dan wajib hukumnya ambil foto-foto. Jadi, sekali lagi, maapkan para panitia. Bukannya gak mau ninggalin anak begitu sajah, tapi kami butuh foto2 buat dokumentasi, dan ngeblog tentu sajah. :p
Pusat Budidaya Jamur
Yang nungguin kakak, asyik sendiri :)
Apa pun, emaknya Nikki inih bangga, anaknya dah mau kemah sendiri. Dah mau ngapa-ngapain sendiri. Dah bisa berteman dengan teman-teman baru, meski lupa nama teman-temannya, cuman huruf pertamanya yg diinget. :D Tahun ini Nikki ikut Jambore Si Bolang masih bersama sepupunya, Michael, meski beda kelompok, juga Terys.

Karena banyak yang tanya soal Jambore Si Bolang, berikut beberapa hal soal itu:
1. Jambore Si Bolang biasanya diadain saat musim liburan sekolah (kenaikan kelas). Jadi kalo dah terima rapor, pantenginlah TRans7 atau website Trans7 (boook, emaknya Nikki brasa jadi humas Trans7). :D

2. Nantinya diperlukan surat izin orangtua, surat pernyataan sehat jasmani dan rohani dari dokter (surat ini, mintalah ke dokter umum atau DSA).


3. Usia peserta 8-12 tahun (tapi Nikki dah ikut dari usia 7 tahun. ^_^ ).


4. Tempat dan kegiatan setiap tahun berbeda jadi gak bisa diomongin. Tapi nanti ada briefing buat para orangtua. Jadi, orangtua dikumpulin di Trans7, dan dikasih tahu apa ajah nanti kegiatan anak-anak, barang bawaan, dst.


5. Run down acara, pembimbing, selalu dikasih tahu. Jadi kita sebagai orangtua akan tahu apa yang dilakukan anak-anak, dan bisa ngecek ke pembimbing kelompok.


6. Acara ini biasanya masuk dalam program berita Trans7 atau program Si Bolang. Selain itu, tahun lalu, kita dapat undangan untuk hadir di acara Bolang Awards. Jadi nanti bisa ikutan tapping acara itu. Tahun lalu asyik kok. Acaranya "anak-anak" banget. Meski ada OVJ, tapi mereka juga  ngertiin bahwa audiens mereka anak-anak. Pun para artis (tahun lalu ada Nidji), yang menyanyikan lagu-lagu anak2 semacam Laskar Pelangi. Jadi... aman untuk anak-anak. ;)

Apalagi? Oh, ya... pas tapping acara itu, floor director-nya juga gak yang lebay2 kayak di acara musik alay2 itu. Jadi aman buat anak-anak.