Thursday, July 12, 2012

Jambore Si Bolang 2012

Mengisi liburan sekolah tahun ini, Nikki ikutan kegiatan Jambore Si Bolang lagi. Setelah tahun lalu juga ikutan, ternyata Nikki tahun ini masih pengen ikutan jugak. Awalnya sih, alasan dia: "Mama, aku pengen ketemu temenku, Audi (temen waktu Si Bolang tahun lalu)." Tapi ternyata, tahun ini dia gak ketemu Audi lagi. :D Meski gak ketemu Audi, Nikki punya teman baru tahun ini.
Siap-siap mau berangkat
Nikki menuju bus
Jambore Si Bolang tahun ini, 7-8 Juli 2012, saya gak ikut nganter Nikki karena masih tepar. Jadi gak nganter ke Trans7, apalagi ke Camp Hulu Cai, Ciawi, tempat Jambore Si Bolang berlangsung. Tapi Nikki beberapa hari menjelang jambore sudah semangat banget. :)
Bersama teman baru, Abyan :)
Di depan tenda
Karena kegiatan jambore kali ini beda dengan tahun lalu, jadi harus nerang-nerangin ke Nikki apa aja kegiatannya. Tahun ini ada flying fox, yang kata Mas, yang ikut sampe Camp Hulu Cai, lumayan serius. Tapi Nikki mau ikutan jugak, secara emaknya sebelumnya dah bilang: "Nanti Kak, kalo flying fox, kalo tinggi, rasain deh. Begitu itu rasanya jadi Superman, Batman, atau Spiderman." **trik ala emak-emak** Hasilnya: anaknya oke2 ajah.
Foto bersama teman-teman baru
Kelompok Gajah
Tahun ini Nikki masuk dalam Kelompok Gajah, yang katanya termasuk mungil-mungil dibandingkan kelompok laen. Yup! Nikki baru mau naek kelas III, dan umurnya yaaaaah... kurang-kurang dikit dari yang disyaratkan lah. :p Jambore tahun ini menurut emaknya Nikki lebih baek. Anak-anak gak perlu bawa sleeping bag, yang bikin berat ransel. Dan tenda-tendanya pun lebih oke dibandingkan tahun lalu.

Yang kurang, menurut emaknya Nikki, adalah pendamping. Kalo tahun lalu, pendamping kelompok Nikki bisa cerita detail anaknya kek apa, yang sekarang ditelpon jawabannya cuman secara umum: "Pokoknya melupakan masalah sekolah lah, Bu." Haiyaaaaaah...
Semua peserta Jambore Si Bolang 2012
Akira di lokasi perkemahan
Katanya, karena emaknya Nikki inih gak ikutan, masih ada yang nangis malam-malam minta pulang. Hahaha. Namanya anak-anak yak. Kemah sendiri, ngapa-ngapain sendiri, mungkin ada yang shocked. Kegiatan tahun ini sih, kalo liat dari run down acara: ada api unggun, menangkap ikan, jalan-jalan (hiking) ke persawahan dan pusat budidaya jamur, flying fox, cargo nett, two line bridge, rakit race, egrang, bedil jepret, dan banyak lagih. 

Masih seperti tahun lalu, Mas ngikut ke lokasi perkemahan jambore. Apalagi tahun ini emaknya Nikki gak bisa lihat karena tepar, jadi harus dan wajib hukumnya ambil foto-foto. Jadi, sekali lagi, maapkan para panitia. Bukannya gak mau ninggalin anak begitu sajah, tapi kami butuh foto2 buat dokumentasi, dan ngeblog tentu sajah. :p
Pusat Budidaya Jamur
Yang nungguin kakak, asyik sendiri :)
Apa pun, emaknya Nikki inih bangga, anaknya dah mau kemah sendiri. Dah mau ngapa-ngapain sendiri. Dah bisa berteman dengan teman-teman baru, meski lupa nama teman-temannya, cuman huruf pertamanya yg diinget. :D Tahun ini Nikki ikut Jambore Si Bolang masih bersama sepupunya, Michael, meski beda kelompok, juga Terys.

Karena banyak yang tanya soal Jambore Si Bolang, berikut beberapa hal soal itu:
1. Jambore Si Bolang biasanya diadain saat musim liburan sekolah (kenaikan kelas). Jadi kalo dah terima rapor, pantenginlah TRans7 atau website Trans7 (boook, emaknya Nikki brasa jadi humas Trans7). :D

2. Nantinya diperlukan surat izin orangtua, surat pernyataan sehat jasmani dan rohani dari dokter (surat ini, mintalah ke dokter umum atau DSA).


3. Usia peserta 8-12 tahun (tapi Nikki dah ikut dari usia 7 tahun. ^_^ ).


4. Tempat dan kegiatan setiap tahun berbeda jadi gak bisa diomongin. Tapi nanti ada briefing buat para orangtua. Jadi, orangtua dikumpulin di Trans7, dan dikasih tahu apa ajah nanti kegiatan anak-anak, barang bawaan, dst.


5. Run down acara, pembimbing, selalu dikasih tahu. Jadi kita sebagai orangtua akan tahu apa yang dilakukan anak-anak, dan bisa ngecek ke pembimbing kelompok.


6. Acara ini biasanya masuk dalam program berita Trans7 atau program Si Bolang. Selain itu, tahun lalu, kita dapat undangan untuk hadir di acara Bolang Awards. Jadi nanti bisa ikutan tapping acara itu. Tahun lalu asyik kok. Acaranya "anak-anak" banget. Meski ada OVJ, tapi mereka juga  ngertiin bahwa audiens mereka anak-anak. Pun para artis (tahun lalu ada Nidji), yang menyanyikan lagu-lagu anak2 semacam Laskar Pelangi. Jadi... aman untuk anak-anak. ;)

Apalagi? Oh, ya... pas tapping acara itu, floor director-nya juga gak yang lebay2 kayak di acara musik alay2 itu. Jadi aman buat anak-anak.

5 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

seru bener bisa ikutan acara si bolang mbak. pingiiiin gimana tuh caranya?

retma-haripahargio said...

Kalo dah mulai musim liburan sekolah, pantengilah Trans7 atau website-nya. Nanti ada pengumumannya kok. Gimana cara daftar & persyaratan.

Biasanya nanti anak2 masuk dalam program berita & program Si Bolang. Terus nanti juga dapat undangan buat hadir di acara Bolang Awards (tahun lalu sih). Jadi nanti kita ikutan tapping acara. Seru, kok! Tahun lalu bisa nonton OVJ, Nidji, dst. :D

Lidya - Mama Cal-Vin said...

thanks banget mbak infonya, semoga tahun depan Pascal mau ikutan eh kalaugak bulan puasa ya

lita said...

enak ya, kecil2 udah berani dan pasti seneng banget tuhh.jadi pengen ikutan, tapi aku kan udah emak2 hahaha udah tak boleh kali ya :D

retma-haripahargio said...

@Lita: kalo emaknya, kemah sendiri aja lah. Tunggu postingan soal kemping keluarga yak. :D