Thursday, September 13, 2012

Borobudur - Mudik 2012 (Part 2)

Hari ketiga lebaran. Tadinya kami berencana mau ke Museum Kereta Api di Ambarawa. Mimpinya sih: naik kereta uap kuno. Sayang beribu sayang, ternyata wisata kereta baru terbuka buat umum pada hari kelima lebaran. Errrr... Ngitung2 cuti, kayaknya gak sampe deh. Gak mungkin banget. Akhirnya diputuskan, hari itu kami ke Borobudur, Magelang, Jawa Tengah!
Nikki dan Kira di Borobudur
Berangkat pagi dari rumah. Tapi apa mau dikata. Namanya lebaran, semua jalan menuju tempat wisata macet. Tapi ya, sepanjang jalan menuju Borobudur, saat melihat perbukitan Menoreh, rasanya asyik banget!! Tiba-tiba membayangkan sosok Agung Sedayu. :))

Sampe Borobudur pas jam makan siang. Lagi panas-panasnya. Dan kami sudah tidak bisa masuk ke area parkir yang penuh dengan bus2. Akhirnya dapat area parkir agak jauh, tapi lumayan enak. Sepintas sih cuman lahan dari perumahan penduduk. Tapi begitu ke dalam ada jejeran toilet dan tempat buat sholat. Lumayan lah.
Kira berasa jadi turis yak? :)
Turis kecil! :p
Baru turun dari mobil, kami dah diserbu penjual topi. Untungnya bawa 2 payung. Tapi Kira pengen banget punya topik cantik. Akhirnya beli juga, Rp 15.000 kalau gak salah. Intinya sih: asal berani nawar! ;) Masuk ke kompleks Borobudur, sempat jiper juga liat lautan manusia. Tapi mau bagaimana lagi kan? Dah terlanjur. Sudah jauh-jauh datang ke sini. Setelah antri bayar tiket, kami masuk. Tadinya mau nyewa guide, tapi melihat lautan manusia itu, kayaknya gak efektif deh nyewa guide. Padahal dah pengen banget. Manalah saat bilang ke anak-anak bahwa fungsi guide salah satunya menceritakan kisah yang ada di candi mereka antusias banget. Apa pun, terkait dengan kata "cerita" pasti dua krucil ini dah heboh. 

Tadinya pengen nyewa andong. Tapi gak ada. Sepeda? Panas-panas begini gak mungkin, apalagi bawa Kira. Pilihannya tinggal jalan kaki menuju candi atau naik kereta wisata. Aiiih, saya sih mending naek kereta wisata. Ternyata naik kereta wisata di Candi Borobudur asyik juga. Kami bisa jalan mengelilingi candi. Sayangnya, posisi gak enak, jadi susah foto2 candi. :(
Sampe di candi, anak-anak lumayan hebat. Mereka bisa naik ke atas candi dengan jalan kaki, termasuk Kira! Meski turunnya Kira minta gendong, itu dah lumayan banget buat anak 4 tahun, kan? :D Di atas kami cuma bisa menerangkan seadanya ke anak-anak. Kalo relief candi sih, gak mungkin kami bisa cerita detail. Tapi denger sepintas-pintas begitu sudah membuat mereka seneng. Dan akhirnya Nikki bilang: "Mama, kapan-kapan kita ke sini lagi ya. Aku mau diceritain yang ada di candi itu." 

Turun dari candi, anak-anak tetap semangat. Apalagi ngeliat banyak pedagang mainan. Tentu mainan semacam gasing, kuda-kudaan, juga penjual aksesori, kaos, sandal, gantungan kunci, dan seterusnya. Belanja? Tentu. Kan kami butuh oleh-oleh buat para tetangga yang ditinggal mudik. Yang dititipi kucing, kelinci, dst. Intinya sih, kalau belanja di sini: tawar2 yak. Selesai belanja kami nyari makan siang. Akhirnya nemu warung yang cukup rame. Dan harganya normal, menurut saya. Rp 5.000 dapat semangkok soto. Horeeee...!!!
Ada bagian yang sedang dipugar
Setelah sholat dzuhur kami berencana mau mampir ke Jogja. Tapi macetnya panjang kali lebar kali tinggi deh. Tapi akhirnya kami ke Bantul juga, karena ada yang mau dikunjungi. Sampe di Bantul sudah sore banget, hampir magrib. Tapi anak-anak seneng, mereka pada duduk-duduk di pinggir sawah. Dan akhirnya, kami pulang... sampe di rumah jam 11 malem!!!! Ugh. Capek? pasti. Seneng? Sudah pasti. :p

Tentang Borobudur:
1. Tiket: 
- Dewasa: Rp 30.000
- Anak-anak di bawah 6 tahun: Rp 12.500

2. Kereta wisata: Rp 5.000
Ini sekali jalan. Mengelilingi candi. Harga segitu sudah termasuk air mineral dalam kemasan botol kecil. 

3. Andong: Rp 30.000 
Ini untuk keliling candi, sama seperti kereta. Itu untuk 4 orang.

2 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

asyi ya jalan2 ke borobudur, loh gak ketemu adikku disana mbak? hehehe dia juga kesana hari ke3 lebaran

retma-haripahargio said...

Wahahaha. Adikmu di sebelah mana ya? Ngumpet di antara patung2 kali yak.