Friday, September 14, 2012

Satu Hari di Keong Mas

Sudah lama sekali gak ke Taman Mini Indonesia Indah. Dulu, waktu masih tinggal di Cililitan, karena TMII kayaknya "cuma di situ doang", sering sekali kami ke TMII. Dari ke museum sampe cuma gelaran tikar di pinggir danau.
Teater Imax Keong Mas, TMII
Karena inget sudah beli tiket diskonan buat ke Teater Imax Keong Mas, akhirnya Minggu kemarin kami ke TMII. Waktu bilang ke para krucils kalo kita mau ke Keong Mas nonton film dengan layar raksasa, mereka antusias sekali. Apalagi Kira. Dia berpikir bahwa kita mau nonton film dengan judul Keong Mas. Jadilah dia berkali-kali bilang: "Mama, Kira mau nonton Keong Mas aja. Nanti ada putri yang disihir kan ya?" Eh, Nak. Kita nonton sesuai jadwal film ya. :)
Berbagai macam rumah keong
Ah, Putri Candra Kirana, si Keong Mas
Sebenarnya pengen banget nonton Flying Monsters. Cuma masalahnya, film diputar pukul 09.00. Aiiih, kayaknya gak bisa sampe TMII jam segitu deh. Akhirnya setelah kena macet dst, kami sampe TMII sekitar jam 11.00. Liat2 jadwal film, akhirnya anak-anak maunya nonton T-rex. Masalahnya, film itu diputar jam 14.00. Ah, mau ke mana kita? Tengak-tengok, akhirnya lihat area outbound di seberang tempat parkir. Jadilah ke situ.

Tempatnya enak. Teduh dan banyak pohon. Dan permainannya lumayan banyak. Anak-anak awalnya main becak mini. Kira yang jadi penumpang, Nikki yang jadi tukang becak. Baru sebentar, udahan. Mereka akhirnya maen sepeda mini yang ada di situ juga, muter-muter. Terus nyobain permainan lain. Karena tempatnya yang teduh, banyak pohon, dan luas, banyak orang memanfaatkan buat acara keluarga, gelaran tikar, halalbihalal, dst.


Kira begitu liat rumah pohon pengen naik ke atas. Sudah beli tiket, sudah diajak naik ke atas, tapi begitu sampai di jaring-jaring di atas, dia gak mau bergerak. Errrr... padahal seharusnya ke rumah pohon ini, karena dicap di tangan, kita bisa naik turun kapan pun sampai bosen. **emak-emak penuh perhitungan**
Setelah keliling-keliling, akhirnya Kira minta main water ball. Ini permainan pakai bola plastik gede gitu, terus anaknya masuk ke dalam bola. Tadinya agak-agak kuatir juga Kira gak berani. Nyatanya, dia malah kesenangan, gak mau udahan. Sampai anak lain pada ngantri nunggu giliran. :))

Sementara Kira main water ball, Nikki main di trampolin. Hadoh, ini anak heboh karena dia mau udahan. Karena lumayan tinggi, Nikki gak mau. Ya sud, akhirnya udahan. Lihat jam, kok kayaknya nunggu jam 14.00 lama amat yak. Akhirnya kami duduk-duduk di skate park sambil lihat orang-orang yang bermain dan berlatih skateboard. Nikki tadinya pengen, tapi yakin deh... gak bakalan lama. Begitu tahu ada inline skate akhirnya dia lebih milih untuk maen itu. Ya sud, akhinya nunggu Nikki maen skate aka sepatu roda, sementara kami duduk-duduk. Kira sebenernya pengen banget ikutan. Tapi yah, mau gimana lagi. Di tempat persewaan tidak disediakan sepatu ukuran Kira. :( Nikki seneng banget di area itu. Karena disediakan instruktur, jadi dia "serius". :D
Skate Park, TMII
Yang di dalam itu Kira loh... :)
Haluw, Kira...!
Pukul 13.30 kami keluar dari area inline skate dan menuju teater Imax. Yeah, kan tujuan utama memang nonton. Sampai di area teater kami gak perlu lagi antri di loket karena kami sudah membeli tiket diskonan secara online. Jadi tinggal ngasih print-an tiket ke petugas. Pukul 13.45, kami dah siap-siap depan pintu teater, nunggu dibuka. Kan di jadwal film pukul 14.00. Tunggu punya tunggu, ternyata yaaa... maksudnya pukul 14.00 itu bukan film-nya yang main, tapi pintu dibuka!!! Sudah gitu, sampai di dalam teater (tentu berebut tempat duduk), filmnya lama. Anak-anak sudah tanya-tanya terus, kapan film-nya main. Akhirnya Mas bilang: "Sabar ya, namanya juga keong." :)) Itu pas hari Minggu kami ke TMII. Gak tahu deh kalau hari-hari biasa.

Kemarin kami nonton film T-rex. Intinya sih perdebatan apakah T-rex itu bertelur? Ceritanya soal penggalian tulang dinosaurus dan fosil mereka di museum. Kira sempet tutup muka dan nempel waktu ada T-rex. Yah, kan namanya layarnya gede banget gitu. Anak-anak sebelumnya yang takjub lihat layar segede itu. Sayangnya, kursi-kursi di teater agak keras.
Yak, Nikki, dengarkan baik-baik! :)
Hurray... sudah mulai bisa
Hm, hari itu anak-anak lumayan puas. Bahkan dah rikwes buat balik lagi. Sampai di mobil mereka langsung tepar. Kecapekan main.

Tiket Taman Mini Indonesia Indah:
1. Tiket masuk
- Per orang Rp 9.000
- Mobil Rp 10.000

2. Teater Imax Keong Mas
- Umum Rp 30.000
- VIP Rp 50.000

3. Area Outbond Keong Mas
- Rumah Pohon: Rp 20.000
- Trampolin: Rp 20.000
- Sepeda mini: Rp 15.000 (boleh pakai sepeda, becak, dst)
- Water ball: Rp 20.000
- Inline Skate: Rp 60.000 (termasuk instruktur selama 30 menit, main sepuasnya)
- Flying fox: Rp 20.000
- Skate Park: Rp 15.000

3 comments:

ke2nai said...

keliatannya keong mas skrg adem ya tempatnya :)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

hiks belum pernah ajak pascal ke keong mas nih mbak, cuma ke TMII nya aja. mbak itu tiket masuk keong mas yang biasa dan VIP bedanya apa

retma-haripahargio said...

@Chi: Iyaaaah. Enak deh. Beda banget sama dulu.

@Lidya: Yang VIP pintunya dibuka duluan. Dan tempat duduknya lebih enak posisinya. :)