Thursday, June 13, 2013

Belajar Itu... Bisa dari Mana Saja!

Akhir-akhir ini saya suka nongkrongin forgos aka forum gosip. ^_^ Ada yang belum tahu? Atau malah suka nongkrong di situ juga?

Awalnya saya nongkrong di forgos itu karena "sumpek" dengan kerjaan yang buanyak banget. Pengen nyantai dan lepas dari berita-berita sosial, politik, ekonomi, dan seterusnya yang menjadi makanan saya sehari-hari. ;)

Dan kemudian saya masuk ke dalam salah satu forum gosip. Yang membuat saya bengong dan susah "lari" dari forum itu adalah apa yang menjadi perbincangan. Saya sampai bolak-balik meyakinkan diri bahwa saya tidak salah forum. Ternyata saya bukan masuk ke forum yang penuh dengan ghibah di sana-sini. :D

Saya takjub, sekaligus bingung, karena di forum itu saya berasa hadir di pengajian Mama Dedeh atau para ustaz yang terkenal itu. Hahaha. Yang membuat saya tertarik adalah mereka bercerita dengan segala latar belakang dan bagaimana mereka menghadapi ini-itu tapi tetap bersandar ke Yang Maha Kuasa. Karena mereka berasal dari latar belakang agama yang berbeda, tentu... segala hal terkait keyakinan masing-masing.

Sebagai contoh, mereka berbincang soal keajaiban sedekah. Atau beberapa amalan, sunnah, dan seterusnya yang kadang-kadang baru saya tahu. Kadang ada yang berhasil melalui dengan baik dan merasakan hasilnya, kadang ada yang gagal... tapi akhirnya bisa memahami ada rencana lain dari Yang Di Atas. 

Buat saya, sharing dan pengalaman mereka itu justru berasa kayak tausiah tanpa menggurui, tanpa sok yang paling suci, yang akibatnya justru langsung berasa di hati. Gosh...! Belajar itu memang dari mana saja, bahkan bisa jadi dari hal yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Beberapa hari lalu saya sempat tertegun dengan salah satu postingan teman di Facebook. Saya yakin postingan itu buat saya, karena terkait dengan komen saya sebelumnya. Dulu, saya suka mengikuti apa pun yang dia posting di Facebook karena banyak "pelajaran" yang bisa saya ambil dari postingan-postingannya. Tapi setelah kejadian itu, segala pandangan saya ke dia menjadi luluh lantak. *hiperbola tingkat dunia*

Dan setelah yang saya alami itu saya berpikir: belajar bisa dari mana saja. Yang penting kita senang, tanpa menyakiti hati, tanpa menggurui, tanpa merasa sok yang paling suci, dan bisa langsung mengena di hati untuk menjadi manusia yang lebih baik. :D

----------------------------------
Tulisan ini diposting oleh orang yang suka mangkir dari pengajian kompleks. Hahaha.  ^_^

8 comments:

fitri anita said...

kalau boleh tau forum apakah itu jeng?

retma-haripahargio said...

@Fitri: forum-nya detik. Ada beberapa yang mbahas itu. Sebenernya OOT banget dari tema-nya, melencengnya gak ketulungan, tapi yang sharing gak berhenti2. Hahaha. Seneng aja bacanya. :p

keluarga Qudsy said...

yess...bener banget, belajar bisa dari mana saja.
Jadi sekarang udah kejebur di forum detik ya Ret? :)

Anggie...mamAthar said...

Bener banget mb... bisa belajar dari mana saja, tergantung dari sisi mana juga kita melihatnya...

Lidya - Mama Cal-Vin said...

banyak OOTnya ya mbak

Mila Said said...

Ga pernah ikutan forum kyk gitu, seru ya mba ? Hehehee

Della said...

Gue juga lebih suka baca sharing yang dari orang yang mengalami sendiri :)

keke naima said...

sy malah baru tau ada forum kyk gitu :)