Friday, August 23, 2013

Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi

Ini tulisan yang sangat tertunda karena kami pergi ke Kebun Raya Bogor sebelum puasa, dan sekarang Lebaran sudah berlalu. :p
Istana Bogor.... Cantek ya? :)
Meski kami sering lewat Bogor karena kami termasuk sering "mudik" ke Ciawi, kami belum pernah sekalipun masuk ke Kebun Raya Bogor. Kebangetan? Sangat. Padahal kami juga kadang kala ke Pasar Bogor yang notabene cuma di seberang Kebun Raya. Kalau ke Pasar Bogor kami biasanya makan di Mi Atas. Ini tempat makan yang sudah "melegenda" di keluarga Mas karena sejak kecil mereka suka diajak orangtua makan di warung itu. 

Rusa di Kebun Raya? Oh, kami cuma sempat "bertatap muka" sewaktu menginap di Hotel Salak karena tinggal nyebrang doang. Pokoknya dilihat dari sisi mana pun, termasuk kebangetan lah, belum pernah ke Kebun Raya. ^_^
Hijau...
Jadi hari itu, kami memutuskan pergi ke Kebun Raya. Karena saat itu musim liburan, walhasil yang ke Kebun Raya Bogor bejibun. Tapi kami masih bisa menikmati sih karena kami jalan kaki (mobil diparkir di pasar) dan berusaha mengelingi kebun raya tersebut, yang ternyata mustahil dilakukan dalam waktu setengah hari! :p

Kira yang sedang suka maen sepatu roda belajar sama Mas di jalanan beraspal yang membentang di tengah Kebun Raya. Sementara saya dan Nikki berusaha membaca papan petunjuk ataupun informasi yang ada di seputaran setiap pohon dan bangunan.
Giant Lotus
Nikki serius membaca tentang pohon canon ball
Nikki cukup terkagum-kagum sewaktu membaca soal pohon Canon ball (Couroupita guianensis), tumbuhan asal Amerika Selatan. Tentu saja, karena dia berpikir itu semacam water cannon atau canon di games Starcraft. LOL. Padahal nama canon ball cuma karena buahnya yang mirip bola meriam.

Kami maen dan istirahat di seberang Istana Bogor. Danau yang dipenuhi bunga teratai raksasa (giant lotus) benar-benar menyegarkan mata. Well, kalau hari itu teduh dan panasnya gak menyengat, kayaknya asyik banget gelaran tikar di situ dan tidur...

Tujuan berikutnya adalah ke Museum Zoologi. Jujur saja, selama ini kami belum pernah mengajak anak-anak ke museum karena khawatir anak-anak bosan dan gak bersemangat. Nyatanya, begitu masuk halaman museum, mereka seneng banget.

Di depan museum yang juga terletak di dalam kawasan Kebun Raya Bogor ini kami sudah disuguhi kerangka paus biru (Balaenoptera musculus). Biasanya paus biru panjangnya bisa mencapai 33 meter dan dipercaya sebagai hewan terbesar. Jadi anak-anak cukup melongo ketika disuruh memosisikan diri di dekat kerangka paus. Dan saya mengingatkan mereka bagaimana Pinokio ditelan paus saat berusaha mencari Pak Gepetto. :)
Museum Zoologi Bogor
Kerangka Paus Biru
Di dalam Museum Zoologi yang berasa sumpek karena pencahayaan yang kurang dan banyaknya orang (mungkin karena pas liburan), Nikki dan Kira seneng banget ngeliat binatang-binatang yang sudah diawetkan. Beberapa binatang bisa mereka kenali, tapi terkadang mereka masih bingung jika menemukan binatang yang sama sekali belum mereka kenal dan lihat, misalnya burung Kuau. Kuau yang di Indonesia persebarannya di Sumatera dan Kalimantan ini mirip merak. Tapi kayaknya mereka jauh lebih berisik dibanding merak. :D

Anak-anak heboh saat menemukan berbagai jenis dan ukuran semut, belalang, juga kupu-kupu. Dan mereka gak pernah menyangka bahwa ukuran banteng bisa sebegitu besar. Lucu juga mendengar celotehan mereka.

Museum Zoologi ini awalnya adalah Laboratorium Zoologi Pertanian yang merupakan bagian dari Land's Plantetuin pada 1894 (sekarang Kebun Raya Bogor). Laboratorium itu kemudian berkambang menjadi unit sendiri yang khusus bertugas menginventarisasi jenis-jenis fauna yang ada di Indonesia. Dibangun pada 1901, museum tersebut sampai sekarang tidak mengalami perubahan dan menjadi gedung cagar budaya di Kota Bogor.

Museum Zoologi sebenarnya asyik banget buat anak-anak. Sayangnya, luas museum terkesan sangat kurang. Jadi para hewan yang sudah diawetkan itu berasa terlalu berdesakan di ruang kaca, tembok, bahkan yang digantung. Semoga museum ini bisa diperluas ya...
Burung Kuau
Yang lagi asyik ngamatin serangga
Puas menyusuri museum, kami beristirahat dan tiduran di rumput karena kecapekan. Lama sekali kami beristirahat sampai menjelang pukul 4 sore, saatnya Kebun Raya ditutup. Dan saat menuju pintu keluar, kami melihat papan petunjuk "Bunga Bangkai" dan baru sadar: oh, iyaaaaaa.... kenapa kita gak ke situ? :( 


Tentang Kebun Raya Bogor:
  • Tiket masuk:
    - Domestik: Rp 14.000
    - Wisman: Rp 25.000
    - Kendaraan keliling roda empat: Rp 30.000
    - Parkir Kendaraan roda dua: Rp 5.000
    - Karcis sepeda: Rp 5.000
  • Tiket tersebut sudah termasuk ke Museum Zoologi.
    Waktu operasional museum: pukul 08.00-16.00 WIB
    Ada kantin di samping museum. Tapi kalau mau beli-beli, tanya dulu harganya ya. ;)


    sumber: asosiasi museum

14 comments:

fitri anita said...

Wah seru ya ke Museumnya dan jalan2 ke kebun Raya Bogornya....

Anonymous said...

bu, ini OOT ya.. Blognya zidan dan syifa gak ada lg ya?
* liana rezara*

retma-haripahargio said...

@fitri: Yup. Baru kali ini anak-anak ke museum. Jd mendadak pengen ke museum2 laennya. :D

@Liana: maksudnya? Yg dulu punya teh Inong? Enggak. Dulu pernah Neng Indah (adik teh Inong yg sekarang jd mamanya anak2) nerusin cerita anak2 beberapa kali, tapi habis itu enggak pernah lagi. Klo mau tahu kabar ZidanSyifa, ke Facebook-nya Neng Indah saja ya. ;)

Desi said...

aku juga udah lama meniatkan diri mau ke kebun raya bogor mba..
Tapi niat hanya tinggal niat ..;,)

dari gadis sampe udah punya anak, bloman sempet kesana mulu...;p

Bunda Kanaya said...

salah satu tempat favorit saya nih ... salam kenal yaaa

Bibi Titi Teliti said...

Duh, kayaknya adem banget yah disono...

Anak anak belum pernah aku ajakin ke Museum lhooo...ckckck...
*emak macam apa akuh!*

Ternyata masuk Kebun Raya murah juga yah ret, ntar deh kapan2 main kesonoh :)

keluarga Qudsy said...

Udah lama berencana ngajakin Samara ke kebun raya Bogor tapi belum kesampaian juga :)

Liat cerita ini jadi makin pengin kesana :)

Santi Dewi said...

lho saya malah belum tahu ada museum zoologi di kebu raya bogor #kuperbagetdeh# Jadi pengen ngajak anak2 kesitu :)

Keke Naima said...

anak2 malah blm pernah sy ajak main ke sana, Mbak :D

Lidya - Mama Cal-Vin said...

tiap mau ngajak Pascal ke kebun raya selalu gak mau dia mbak

Anggie...mamAthar said...

Baru sempat ke Kebun Raya Bogor mb.. Lumayan bikin anak senang, karena bisa berlarian sepuasnya...

Elsa said...

hiks, belom pernah ke kebun raya bogor
cuman lewat depannya aja

D I J A said...

suatu hari Dija kesana juga Tante....
nanti kalo udah besar

tas lucu said...

ke kebon raya capenya itu gak ketulungan, luas banget. kalo udah salah jalan pasti muder dah.. -.-!