Sunday, December 22, 2013

KRL, Oh... KRL

Seperti diketahui, sekarang... hampir setiap hari saya naik kereta untuk menuju kantor. Hal itu karena saya kapok akibat terakhir kali saya naik bus, setelah sterilisasi busway, saya terjebak macet dan baru sampai di kantor setelah 5 jam perjalanan! Sia-sia sekali hidup ini hanya dihabiskan di jalan. *keluh*
Stasiun Bekasi
Apakah setelah kecelakaan kereta saya kapok naik kereta? Tentu tidak. Karena dengan kereta, saya cuma butuh waktu sekitar 1 jam antara Stasiun Bekasi sampai Stasiun Palmerah di dekat kantor.

Di kereta pun makin banyak cerita orang-orang yang mengaku baru pertama kali naik kereta. Dan saat ini saya sudah pede kalo ditanya orang terkait kereta. :D Maksudnya, untuk menuju ke satu tempat, mereka harus berpindah di mana, dan lebih efektif di mana. Misalnya, untuk menuju Bogor, jauh lebih efektif naik kereta ke Bogor lewat Manggarai daripada di Jatinegara.
Kereta Commuter Line Bekasi-Kota
Sebagai pengguna kereta hampir setiap hari, jadwal kereta yang kadang telat atau posisi kereta ada di mana jadi penting. Apalagi kalo ada pembatalan kereta. Saat ini saya lumayan terbantu dengan aplikasi yang saya download di playstore. Untuk jadwal kereta ini saya mendownload dua aplikasi: Info KRL dan KRL Mania.

Di dua aplikasi itu kita bisa tahu posisi kereta yang akan kita naiki ada di mana, berapa tiket yang harus kita bayar untuk menuju satu stasiun, atau berapa stasiun yang akan kita lintasi. Untuk orang luar kota yang gak hafal stasiun, dan kebetulan tidak ada pengumuman di kereta sampai mana, aplikasi ini sangat-sangat membantu.
App: Info KRL
App: KRL Mania
Apakah efektif? Yup. Saya sudah membuktikan bahwa posisi kereta yang ditunjukkan oleh aplikasi ini sama dengan yang diumumkan di suatu stasiun. Jadi kita gak perlu buru-buru ke stasiun kalau ternyata kereta yang kita tunggu masih jauh. :p


Naik kereta Commuter Line enak? Iya. Satu hal yang sangat disayangkan adalah petugasnya. Menurut saya, masih jauh lebih ramah dan lebih membantu para petugas di bus transjakarta dibandingkan di KRL.

7 comments:

fitri anita said...

saya kadang suka naek KRL di klenderbaru Bu..wadeuuhhh di Gerbong khusus wanita ganas2 sekali..sejak terdorong2 jadi agak malas naik krl lagi nih...

Della said...

Hebat ih sekarang segala aplikasi ada. Teknologi kalo dipake bener emang bisa ngebantu ya, Ma :D

Lidya - Mama Cal-Vin said...

kalau aku mau naik KRL bisa tanya mbak retma ya :)

kikils said...

bagus sekali aplikasinya, aplikasi selain untuk Android ada gak?

Anggie...mamAthar said...

Aaah.. baru tau ada info KRL.. Siip lah.. perlu bgt kl nyasar2 lagi di jkt

Rahmi Sukma said...

Retmaaaaa..... Kangennya.... Niki dan Kira sudah besar ya... Luama banget aq ga berkunjung ke sini ternyata....

retma-haripahargio said...

@kikils: Waduh, gak tahu kalo itu. Soalnya aku pakenya andro, jeh. :D

@Mbak Rahmi: Ya ampuuuun, mbak. Sdh berapa tahun ya gak mampir ke sini? blogmu gimana kabar? :D