Tuesday, February 04, 2014

Aplikasi untuk Pengguna Commuter Line

Postingan kali ini memenuhi permintaan Anggi yang tanya soal aplikasi bagi pengguna KRL (Commuter Line). Karena saya sekarang pengguna setia kereta Commuter Line, jadi sekalian saja saya me-review aplikasi yang saya pakai.

Saya pengguna Android, jadi yang memakai platform lain, enggak usah tanya ya, karena saya pasti enggak tahu. ;) Dan meski saya setiap hari menenteng Lexus Nexus, semua screenshots yang saya jembreng di sini memakai hp Xperia. *info gak penting, tapi sebelumnya ada yang tanya*

Sebenarnya di Playstore ada banyak aplikasi yang berguna untuk pemakai CL. Bagi yang baru pertama kali menggunakan CL atau yang tidak terbiasa, aplikasi ini sangat membantu. Apalagi yang berasal dari luar kota, sementara di setiap kereta tidak tersedia pengumuman. Lebih-lebih kalau naik pada malam hari, berdesakan, enggak tahu sampai mana.
Pilihan aplikasi di Playstore
Dari banyak aplikasi yang tersedia itu, yang saya pakai sekarang adalah Info KRL (enggak kenal sama yang bikin, pun gak dibayar sama yang bikin loh). Alasannya gampang, saya merasa nyaman memakai aplikasi itu dan enak dibaca karena tulisannya gede-gede. Jadi, saya akan cerita soal aplikasi ini.
Pilihan menu
Setelah download, penampakan seperti di atas yang terpampang. Di menu itu, pilih Favorite Routes. Dan nanti akan muncul seperti ini:

Masukkan nama stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, juga perkiraan jam perjalanan. Untuk kasus saya itu, saya berangkat dari Stasiun Bekasi dengan tujuan Stasiun Palmerah. Jam keberangkatan yang saya pilih ada pada kisaran pukul 14.00. Kemudian pilih Search Route, dan yang akan muncul:

Dari situ kelihatan bahwa untuk menuju Palmerah saya harus menempuh 11 stasiun dengan biaya Rp 3.000. Saya harus transit di dua stasiun, yaitu Manggarai dan Tanah Abang. Transit pertama, di Manggarai, saya punya beberapa pilihan kereta, misalnya Bogor-Kampung Bandan (BOO-KPB). Setelah naik kereta tersebut saya harus transit lagi di Tanah Abang dengan pilihan kereta: Tanah Abang-Maja (THB-MJ) atau Tanah Abang-Serpong (THB-SRP).

Nah, sekarang balik lagi ke menu. Pilih Realtime Position. Masukkan nama stasiun keberangkatan dan nanti akan muncul:
Dari situ kelihatan posisi kereta yang akan kita gunakan. Dua kereta sudah tersedia di Peron 2 (dengan waktu keberangkatan pukul 14.05) dan Peron 3 (waktu keberangkatan pukul 14.35). Sementara yang warna hijau itu, kereta sedang dalam perjalanan menuju Bekasi dari Manggarai.

Nah, dengan mengetahui posisi kereta, kita enggak usah buru-buru tiba di stasiun kalau ternyata keretanya masih jauh. ;) Kalau salah satu kereta itu sudah berangkat, dan kita pilih salah satunya, maka akan muncul detail seperti berikut:
Itu artinya kereta sedang berada di Kranji dengan tujuan akhir Bekasi. Kalau kereta yang kita tumpangi sedang berjalan dan kita pengen lihat posisinya, pilih menu MAP. Dan akan terlihat begini:
Yang hijau itu, posisi kita. Yang biru, itu berarti ada kereta lainnya. Masih kurang jelas juga? Coba dulu satu per satu deh. :p Penting diperhatikan adalah apabila saat kita pilih Realtime Position dan kelihatan merah membara seperti terbakar, itu artinya: semua kereta telat atau tidak jalan!

Gambar itu saya ambil sewaktu banjir besar kemarin. Ngeri kan? Hampir semuanya telat di atas 2 jam atau tidak berangkat (telat kok 190 menit). Jadi kalau sudah kelihatan seperti itu, mendingan cari alternatif moda transportasi lain.

Penting diperhatikan saat naik Commuter Line:
1. Kalau kamu duduk di Kursi Prioritas, itu artinya setiap saat kamu harus siap berdiri! Jangan biarkan gambar di situ cuma jadi pajangan. Utamakan ibu hamil, yang membawa anak, dan manula. What goes around comes around. Kalau kamu berbuat baik, suatu saat kalau kamu butuh, kebaikan itu akan datang (lagi) ke kamu.

2. Kalau masih pengen merokok, cari tempat yang memang disediakan untuk itu. Kalau masih merokok di tempat yang bukan semestinya, tolong, telan sekalian itu asapnya tanpa sisa! *sadis*

3. PENTING: jangan biarkan penumpang lain menderita karena kamu. Jadi usahakan pakai deodoran (parfum boleh banget), atau minimal bedak anti BB lah.

4. Gak sebegitu penting: masker. Gunanya: untuk menangkal kalau ada yang bau keringet di sekitar kamu atau bau minyak angin yang enggak enak atau bau-bauan lainnya. Selain itu, jika kamu tidur, kalau mulutnya kebuka enggak kelihatan. :p

Selamat bertualang dengan memakai kereta Commuter Line.... ;)

6 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Kalau bawa anak aku sengaja langsung duduk di pojok mbak di kursi prioritas

Keke Naima said...

zaman skrg banyak aplikasi yang memudahkan kita, ya :)

dunia kecil indi said...

aku belum pernah pakai KRL. tapi aplikasinya bermanfaat sekali dan tipsnya juga bagus :)

masrafa.com said...

kalo gw di android pake Komutta, ma

selalu update jadwalnya

dhira said...

aplikasi yang sangat berguna nih..

Anggie...mamAthar said...

Makasssih mb... Nih info penting bgt buat org awam spt aku... :)))
Daripada nyasar2 trus kl ke jkt...