Monday, August 04, 2014

Minggu Pertama di SD

Seminggu pertama di SD dijalani Kira dalam suasana Ramadhan. Karena itu, di sekolah Kira banyak kegiatan yang berkaitan dengan suasana Ramadhan. Emaknya ini selama minggu pertama menunggui Kira di sekolah sambil "gaul" dengan sesama ibu-ibu. Bertukar informasi atau pengalaman dengan ibu-ibu yang anaknya sudah terlebih dulu bersekolah di lingkungan itu.
Ready to go to school... 
Untuk menghindari macet yang biasanya mengular menuju sekolah Kira, terpaksa selama ini saya menggunakan motor untuk antar-jemput. Sebenarnya Mas tidak begitu setuju, hanya saja... kalau berhitung soal waktu sebelum saya ke kantor, motor adalah sarana paling efektif, kecuali musim hujan.

Selama masuk sekolah di bulan Ramadhan, anak-anak boleh memakai baju muslim bebas. Kegiatan belajar-mengajar juga belum dilaksanakan secara penuh. Hari-hari pertama diisi dengan pengenalan lingkungan sekolah.
Semoga betah di sekolah baru, ya Nak!
Yay! Aku kelas 1 SD!
Setiap kelas diajak berkeliling oleh guru wali kelas masing-masing ke setiap ruangan dan bagian sekolah. Ruang musik, ruang tempat beribadah, kantor guru, perpustakaan, dan seterusnya.

Hari-hari berikutnya diisi dengan pengenalan soal zakat fitrah dan praktik membayar zakat. Satu hal yang menyenangkan adalah: setiap pagi di bawah tangga, selalu ada guru yang menyambut anak-anak. Dengan riang mereka menyapa anak-anak: Assalamualaikum... dan menyalami setiap anak.
Praktik membayar zakat fitrah
Kira, setelah membayar zakat...
Minggu ini adalah masa adaptasi Kira di sekolah. Meski kadang masih sedih, atau kadang nangis kalau pagi di depan kelas, setiap pulang sekolah dia selalu menuruni tangga dengan senyum lebar. Saya tidak berharap muluk-muluk kepada Kira. Saya hanya berharap dia bisa belajar dan menjalani sekolah dengan senang.... Masih sangat jauh perjalanan sekolah dia sebelum nantinya berkutat dengan buku-buku kuliah.
Kegiatan untuk anak SD "kelas tinggi"
Semoga hari-harimu di sekolah menyenangkan ya, Nak! Dan semoga kamu betah di sekolah baru.

No comments: