Monday, February 08, 2016

Bekal ke Kantor (Februari-1)

Sering kali saya bilang ke teman-teman saya yang ngantor dengan "jam normal": berbahagialah ketika makan siang! :D Ya, ya... buat yang ngantor siang hari, saat jam makan siang, beli makan di luar pun banyak sekali pilihan. Di kantin kantor, warung sekitaran kantor, belum lagi resto ini-itu. 

Berbahagialah! Karena untuk pekerja malam seperti saya, itu semua hampir mustahil ditemui. Sehari-hari yang kami temui setiap kali mau pesan lewat office boy adalah makanan yang umumnya juga muncul di malam hari, seperti: nasi goreng, mi goreng, sate, soto, bakso, dan pecel lele. Kalau saya kebetulan tidak sempat membawa bekal, saya sering kali termenung lama memandangi daftar makanan yang itu lagi itu lagi. :p 

Bekal yang saya/suami bawa ke kantor di awal Februari:
Steamed tofu dan cabbage roll
Ini sih sebenarnya cuma modif dari makanan yang pernah saya bawa.
Steamed tofu: Tahu, wortel, daun kemangi, cabe rawit, ditambah bawang merah iris, lada, garam, dan telur. Aduk, masukkan ke cetakan muffin, kukus (pepes tahu versi minim dan praktis).
Cabbage roll: Isi orak-arik minus telur. Jadi cuma sayuran yang saya tumis dengan bawang putih, garam, lada, dan sedikit saus tiram.
Burger Tempe
Burger Tempe saya buat dengan bahan sisa yang ada di kulkas (belum belanja). Tempe saya rendam bumbu, kemudian panggang. Isi dengan selada, tomat iris, dan ayam (sisa tadi malam. Hahaha). Sayurannya kurang? Sebenarnya ini saya bawa dengan sayuran sisa isian cabbage roll, tapi saya bungkus pakai nori.
Spinach Burger
Spinach Burger. Saya suka daun bayam karena sering saya jadikan campuran untuk berbagai makanan. Untuk spinach burger saya memakai: bayam (rebus sebentar dan cincang), bawang putih cincang, lada, garam, telur, dan tepung panko. Aduk jadi satu, bentuk bundar. Siapkan teflon, kasih minyak/olive oil, taruh adonan burger dan masak hingga kecoklatan.
Ayam Kukus Lemon
Ayam Kukus Lemon (di samping kukus jahe) sering muncul untuk bekal saya karena gampang bikinnya. Jadi jangan bosen yak. ;) 

Itadakimasu... 

Food is Essential to Life, Therefore Make It Good... 

3 comments:

Idah Ceris said...

Bekalnya menyehatkan banget, Mbak. Mending bawa bekal terus, ya. Ketimbang beli bakso2 gitu. :)

Lidya Fitrian said...

pernah diajarin bikin caggage roll kaya gitu, isinya bisa diganti ya mbak

retma w said...

@Idah Ceris: iyes. Awal2 oke aja, tapi kalo bertahun2 ya bosen kalo menunya itu2 terus. :p

@Lidya: Aku sih seringnya bikin makanan gak sesuai pakem. Aku lbh sering ambil tekniknya doang. ;)