Monday, February 15, 2016

Ternate: Menyambut Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total (GMT) diperkirakan akan melintasi Indonesia pada 9 Maret 2016, bertepatan dengan hari raya Nyepi. Mari merayakannya! :D

Gerhana ini merupakan salah satu fenomena langka dan menjadi istimewa karena pada gerhana kali ini, Indonesia adalah satu-satunya daratan yang dilintasi GMT. Tidak heran pemerintah daerah berlomba-lomba mempromosikan daerahnya. Beberapa kapal pesiar dengan turis asing bersiap ke Indonesia. Juga para peneliti dari belahan bumi lainnya. 
Ternate!
Kota besar yang akan dilintasi GMT adalah: Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Ternate, dan Sofifi. Ada yang berencana berburu gerhana ke salah satu daerah itu?  

Menyambut GMT, saya akan bercerita tentang TERNATE di Maluku Utara. Untuk yang berencana berburu gerhana matahari ke "Bumi Rempah", selain melihat fenomena alam yang langka, tidak ada salahnya juga mampir ke banyak tempat wisata yang ada di Ternate. Kabarnya, Putri Raja Thailand juga akan datang ke Ternate untuk menyaksikan gerhana matahari total. Kenapa Ternate? Karena ini salah satu daerah yang mengalami gerhana matahari total cukup lama, lebih dari 2 menit.   
Pemandangan dari jendela pesawat pada suatu pagi
Dua kali memegang tiket ke Ternate, saya selalu memakai penerbangan langsung Bandara Soekarno Hatta-Sultan Babullah. Saya berangkat tengah malam atau dini hari. Begitu masuk pesawat biasanya saya tidur dan bangun ketika sudah mulai masuk wilayah Indonesia tengah atau timur saat matahari mulai terbit. Lovely!!! 

Saya pastikan, satu hari di Ternate tidak cukup karena terlalu banyak tempat indah yang sayang untuk dilewatkan. Berwisata ke Ternate itu minimal 3 hari! :D Berikut 10 tempat wajib kunjung jika berwisata ke Ternate:

1. Danau Tolire
DANAU TOLIRE sebenarnya terdiri atas dua danau, Tolire Besar dan Tolire Kecil. Yang terkenal adalah Danau Tolire Besar.
Danau Tolire dilihat dari udara
Berlatar Gunung Gamalama, danau berair hijau ini keren banget. Selain cantik, banyak kisah misteri yang melingkupi danau ini. Kedalaman danau sampai saat ini tidak diketahui. Selain legenda buaya putih dan kisah terbentuknya Danau Tolire, kisah lain terkait danau ini adalah adanya harta karun di dasar danau.
Danau Tolire
Terlepas dari kisah-kisah tersebut, danau ini cantik sekali. Kalau di sekitar danau ada pedagang batu, cobalah beli, dan kemudian lemparkan batu tersebut ke danau. Apa yang terjadi? Cobalah... ;)

2. Pantai Sulamadaha
PANTAI SULAMADAHA berada di Desa Sulamadaha, Ternate. Pantai ini terletak tidak begitu jauh dari Danau Tolire. Yang menjadi andalan di tempat ini adalah Teluk Saomadaha. Jadi, begitu kita memarkir kendaraan, ikutilah jalan setapak yang mendaki di pinggiran pantai.
Sulamadaha
Sekitaran pantai mungkin akan terlihat terlalu biasa, dengan batu karang, ombak yang besar, dan pasir yang gelap. Tetaplah susuri jalan setapak sambil menikmati burung-burung yang biasanya beterbangan melintas di depan kita.
Di beberapa tempat agak curam dan licin karena semua hanya terdiri atas batuan. Saran saya, pakailah alas kaki yang tepat karena tujuan utama agak tersembunyi, harus naik turun tangga batu. Tapi begitu sampai, tempatnya keren banget! Pasir putih yang bercampur dengan banyak kerang dan karang. Air bening dan biru. Cocok untuk snorkeling. Ada juga boat yang siap membawa kita ke pulau di seberang: Pulau Hiri. 

3. Kesultanan Ternate
KESULTANAN TERNATE juga dikenal sebagai Kerajaan Gapi. Kesultanan ini adalah salah satu dari empat kerajaan Islam di Maluku dan merupakan salah satu kerajaan Islam tertua di Nusantara. Kesultanan Ternate didirikan oleh Baab Mashur Malamo pada tahun 1257.  
Kesultanan Ternate
Lambang Kesultanan Ternate
Puncak kejayaan Kesultanan Ternate adalah pada paruh abad ke-16 lewat perdagangan rempah-rempah dan kekuatan militer. Masa keemasan dialami saat kesultanan dalam pemerintahan Sultan Babullah. Lambang kesultanan ini adalah Burung Garuda berkepala dua yang disebut Goheba. Hal menarik di kesultanan ini adalah: mahkota berambut. Seperti layaknya raja, di Ternate juga terdapat mahkota kerajaan. Yang unik adalah di mahkota ini terdapat rambut yang selalu tumbuh! Setiap tahun, saat malam Idul Adha, akan diadakan upacara potong rambut mahkota.

4. Batu Angus
BATU ANGUS adalah kawasan wisata di Ternate yang terdiri dari kumpulan batu berwarna hitam. Kenapa berwarna hitam? Karena batu-batu ini adalah hasil muntahan (sisa lahar) Gunung Gamalama pada 1673. Karena seperti hangus terbakar inilah maka disebut "batu angus". Batuan ini membentang dari kaki Gunung Gamalama hingga pantai.


Siang saat saya ke sana, suasananya sepi, hening, hanya ada beberapa wisatawan di tempat ini. Tapi berkeliling di area Batu Angus asyik juga. Di depan, puncak Gunung Gamalama langsung terlihat, sementara di belakang membentang laut luas. 

5. Masjid Tua Sultan Ternate
Hingga saat ini, kapan tepatnya MASJID SULTAN TERNATE ini dibangun belum diketahui secara pasti. Diperkirakan telah dirintis sejak masa Sultan Zainal Abidin, tetapi ada juga yang beranggapan dilakukan pada masa Sultan Saidi Barakati (1606).
Masjid Kesultanan Ternate
Segala sesuatu di dalam masjid: menarik....
Masjid Sultan Ternate dibangun dari susunan batu dengan bahan perekat dari campuran kulit kayu pohon kalumpang. Kalau kita masuk ke dalam, masjid ini mempunyai atap yang tinggi, dengan kisi-kisi di mana-mana. Tanpa kipas atau AC pun masjid sudah sangat sejuk. Sebagai catatan: kalau mau sholat di masjid ini pakailah sarung. Demikian "peraturan" tidak tertulis yang berlaku, menurut kenalan saya.

6. Benteng Oranye (Fort Oranje)
BENTENG ORANYE atau FORT ORANJE terletak di Ternate Tengah, Kota Ternate. Benteng peninggalan Belanda ini dibangun 26 Mei 1607 oleh Cornelis Matclief de Jonge.
Fort Oranje
Saat ini, beberapa bagian benteng agak kurang terawat. Tapi kalau sore hari kita berada di atasnya, kita akan melihat pemandangan yang mengasyikkan: anak-anak ramai berlarian, bermain layangan, jalan-jalan, dan beragam aktivitas warga kota kecil itu. Sebenarnya di salah satu bagian benteng terdapat Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ternate. Di depannya tertulis "Museum Rempah", tapi sayangnya saat saya datang ke sana masih kosong. 

7. Benteng Kalamata
BENTENG KALAMATA adalah benteng yang dibangun Portugis pada tahun 1540. Terletak di Kelurahan Kayu Merah, Ternate Selatan, benteng ini juga biasa disebut sebagai Benteng Santa Lucia. Fungsi awal benteng ini adalah untuk mengantisipasi serangan Spanyol dari Rum, Tidore.
Benteng Kalamata
Laut dan pulau
Dari tepi jalan, benteng ini tidak begitu menarik. Tapi begitu masuk ke dalam, benteng ini keren banget karena langsung berhadapan dengan laut. Dan ini laut di Ternate yang selalu biru dan indah.

8. Pohon Afo, Cengkeh Tertua di Dunia
Ada yang suka hiking? Maka wajib mengunjungi pohon ini. Saya tahu tentang POHON AFO lewat tayangan BBC Knowledge.
Pohon Afo
Ini adalah pohon cengkeh tertua di dunia dengan tinggi sekitar 40 meter. Orang Ternate menyebutnya, Afo. Tidak ada yang tahu kapan pohon ini ditanam, tapi diperkirakan usianya 300-400 tahun. Menuju pohon ini di puncak bukit, selama perjalanan udara akan terasa segar dengan aroma dari pohon-pohon cengkeh di sepanjang jalan, juga pala.

Tahun 1770, seorang berkebangsaan Perancis mencuri beberapa benih pohon Afo. Kemudian membawanya ke Perancis, Seychelles, dan akhirnya Zanzibar yang saat ini merupakan penghasil cengkeh terbesar di dunia. Dulu, Ternate adalah satu-satunya pulau di dunia yang memproduksi cengkeh. Itulah yang membuat banyak bangsa tertarik menguasai pulau  ini. 

9. Gang Gloria
Teman kami menyebut gang kecil itu "Gang Gloria" karena terletak di samping minimarket Gloria. Gang kecil ini dari luar terlihat sangat biasa, nyaris seperti warung PKL. Satu-satunya penanda adalah papan yang bertuliskan: Pusat Penjualan dan Kerajinan Besi Putih dengan logo Antam (yak, benar... Antam!).
Gang Gloria
Kamu, pilih yang mana?

Inilah pusat kerajinan/suvenir khas Ternate. Apa istimewanya besi putih ini? Besi putih ini bukan hasil menambang, tetapi berasal dari sisa-sisa Perang Dunia II, seperti jangkar kapal, tank baja, dan dinding pesawat, yang didatangkan dari Morotai. Kelebihan besi putih ini: anti karat, mempunyai kadar emas 0,8%, dan tidak membuat alergi di kulit. Tips membeli perhiasan di sini: tawarlah.... ;)

10. Restoran Floridas
Kenapa tempat ini saya masukkan dalam daftar tempat wisata? Karena kalau menginginkan spot yang bagus untuk berfoto, di sini tempatnya.

Pengen foto dengan latar belakang seperti gambar di lembaran uang seribu rupiah? Datanglah ke restoran ini, kemudian langsung menuju ke bagian belakang restoran. Satu kata yang bisa menggambarkan pemandangan dari restoran ini: AMAZING!

Bagaimana dengan kuliner Ternate? Saya akan tulis di postingan berikutnya. Masih punya waktu lebih dan ingin bertualang lebih jauh? Menyeberanglah ke Tidore. Ada apa di sana? Tunggu juga postingan berikutnya.... :p

PS: keterangan komplet tentang tempat-tempat wisata di atas akan saya tulis di kemudian hari. Semoga!


11 comments:

Lidya Fitrian said...

MBak Retma udah kesana dulauan ya heheh , ini harusnya dijadiin postingan GA kemarin mbak hadiahnya ke ternate & Belitung

retma w said...

Duh, gw gak rajin ikutan GA, Lid. 😄 Bisa posting seminggu sekali saja sdh Alhamdulillah. Hahaha. Tp, btw... Aku cinta laut di Termate. Gilak, keren banget!

Anggie said...

Kereeen mb... Kapan ya bisa kesanaaa... itu pantainya bikin adem ya mb..

Obat Untuk Pendarahan said...
This comment has been removed by a blog administrator.
bersapedahan said...

banyak tempat menarik di ternate ; alam, sejarah sampai budayanya sangat menarik.
lautnya memang keren abisss

Willova said...

Keren sekali ya pemandangannya.. jadi pengen nih kesana :)

KLG said...

Thank you for sharing in this article
I can learn a lot and could also be a reference
I hope to read the next your article updates

[-] KLG

Sekolah Bisnis Online said...

Ulasannya sangat menarik. Pulau di Ternate sangat indah. Mengingatkan saya pada background uang seribu kalo gak salah. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

Edwin Prasetio said...

Indahnya Ternate.. Tak perlu ke luar negeri nich kalau negeri sendiri begitu indahnya hihihi... Salam kenal Mb Retma

Numpang Promo said...

Banyak kawasan wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Keke Naima said...

Indah banget pemandangannya. Makin cinta deh ma Indonesia :)